Penerapan Metode Eksperimen pada Materi Kalor di Kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v2i1.1122Keywords:
penerapan, metode eksperimen, hasil belajar, kalorAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diterapkan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang diterapkan metode konvensional pada meteri kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 84,80, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60,00. 2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan metode konvensional pada materi kalor di kelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 62,80 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40,00. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang diterapkan metode eksperimen lebih baik dari hasil belajar siswa yang diterapkan metode konvensional pada materi kalor dikelas VII SMP Negeri 2 Sengah Temila.
Downloads
References
Aloysius, S. 2008. IPA Terpadu. Jakarta: Yudhi Tira.
Saul, Sumbang. 2013. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli Kabupaten Landak. Pontianak: Jurnal Penelitian.
Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Liro, F. 2015. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kayan Hilir. Pontianak: Skripsi (Tidak Diterbitkan).
Danil, M. 2015. Penerapan Metode Pada Pembelajaran Materi Suhu dan Pengukurannya Di Kelas VII SMP Negeri 1 Batu Ampar. Pontianak: Skripsi. (Tidak Diterbitkan).
Betty, A. 2014. Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran Topik ListrikDinamis di Kelas IX SMP Negeri 2 Pontianak: Skripsi (Tidak Diterbitkan).
Afriyani, D. Boisandi. 2018. PENERAPAN MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 TAYAN HILIR. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya. (JPSA). Vol 1. No 1 .(2018). November 2018. e-ISSN : 2655-1373. hal. 27.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Sary Julisma, Matsun Matsun, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Roki Desandi, Eka Trisianawati, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL SISWA PADA SUB MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII MTS. ISLAMIYAH PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
Similar Articles
- Veriska Kristina, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIISMP SUPARNA NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- mita sophiyanti, PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DAN MODEL EKSPOSITORI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI KALOR SMP NEGERI 1 NGABANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Agustina Friastuti haryanti, Handy Darmawan, Eka Trisianawati, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 EMBALOH HULU KEC. EMBALOH HULU KABUPATEN KAPUAS HULU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Weni Farida, Dwi Fajar Saputri, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
You may also start an advanced similarity search for this article.