PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA

Authors

  • Sary Julisma
  • Matsun Matsun IKIP PGRI Pontianak
  • Ira Nofita Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4307

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar Fisika, Gaya, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian  ini merupakan  penelitian  pengembangan  (R&D).  Tujuan  dari penelitian ini adalah untuk mengembangan bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal pada materi gaya dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar tersebut. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D atau Four-D merupakan singkatan dari define, design, development, and disseminate. Namun pada penelitian ini dimana model 4-D dimodifikasi menjadi 3-D tanpa melalui tahap akhir yaitu penyebaran. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan media yang valid yang terdapat pada langkah ketiga yaitu pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan alat pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Ada pun validatornya yaitu validator menurut ahli materi 2 orang  dan  ahli  media  2  orang.  Instrumen  yang  digunakan  berupakan  skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar yang menggunakan skala likert dengan lima kategori disusun dalam bentuk checklist. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa Bahan ajar fisika kelas VIII berbasis kearifan lokal berdasarkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 79% dengan kriteria layak, sedangkan penilaian menurut ahli materi dengan skor rata-rata 77% dengan kriteria layak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Oktaviani, Widya. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN.2407-6902).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. (2015). Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi Sets Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia II (1) (2015) 42-48.

Wagiran. (2012). Pengembangan KarakterBerbasis Kearifan Lokal Hamemayu hayuning Bawana. Jurnal Penelitian karakter. Tahun II No. 3.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Pasaribu, A., & Saparini, S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum Newton tentang gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 36-48.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80.

Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154-162.

Yudiyanto, Y., Hakim, N., Hayati, D. K., & Carolina, H. S. (2020). Pengembangan video pembelajaran ipa terpadu pada tema konservasi gajah berkarakter peduli lingkungan. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 187-195.

Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6. (ISSN: 2089-1776). Sundayana, H.R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Dalam Makalah Utama Seminar Nasional “Sains dan

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Julisma, S., Matsun, M., & Sari, I. N. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KELAS VIII SMP N 1 MEMPAWAH HILIR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI GAYA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(2), 59–64. https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i2.4307