PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA

Weni Farida, Dwi Fajar Saputri, Eti Sukadi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dengan metode eksperimen pada materi perpindahan kalor kelas VII di SMP Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kuburaya.  Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 1 Sungai Ambawang diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran materi perpindahan kalor lebih sering menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok.  Kegiatan siswa lebih banyak mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting dari penjelasan guru tanpa menemukan dan mengetahui konsep awal.  Model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) lebih mengarah pada aktivitas belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.  Adapun jenis penelitian ini yaitu true eksperimental design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Ambawang yang terdiri dari 4 kelas.  Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas VII A terpilih sebagai kelas kontrol.  berdasarkan hasil analisa data menggunakan Statistik Uji-t  diperoleh  = 2,38 > = 1,671 karena tidak terletak pada daerah penerimaan , maka ditolak diterima.

Keywords


Model Pembelajaran CLIS, Aktivitas Belajar Siswa, Materi Perpindahan Kalor

Full Text:

XML PDF

References


Alwi, Idrus. (2010). Kriteria Empirik Dalam Menentuka Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir. Jurnal Formatif 2 (2): 140-148.

Alifviani, Inayatul. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Ilmiah Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungmutih 1 Demak. Jurnal Pendidikan Fisika, 6513.

Fadjar, Malik. (2003). Buku Pegangan Guru Fisika. Jakarta: Tim Penyusun.

Indrawati,dkk. (2015). Model Pembelajaran CLIS (children learning in science) dengan orientasi melalui observasi gejala fisis dalam pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3 No. 4 324-329.

Kanginan, marten. (2004). Sains FISIKA SMP. Jakarta: Erlangga.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, Usman. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpsa.v3i1.1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya

Prodi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: fisikaikippgripontianak@gmail.com


p-ISSN: 2654-4512  | e-ISSN: 2655-1373


View My Stats