IDENTIFKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SUNGAI KAKAP

Authors

  • Nofani Sholy Safitri IKIP PGRI Pontianak
  • Tomo Djudin
  • Eka Trisianawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i1.1508

Keywords:

Identifikasi, Miskonsepsi, Kalor dan Perpindahannya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi kalor dan perpindahannya di kelas VII SMP Negeri 5 Sungai Kakap. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sungai Kakap yang terdiri dari 30 siswa dari 119 target populasi yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling (acak). Alat pengumpul data berupa Tes diagnostik 10 soal pilihan ganda dengan 3 alternatif jawaban disertai alasan terbuka. Dari enam konsep yang diungkap miskonsepsinya, soal nomor 1,2,3,4,7,8,9 dan 10 mengalami miskonsepsi sebesar 100%. kecuali untuk konsep soal nomor 5 tentang pengaruh kalor jenis terhadap kalor siswa mengalami miskonsepsi sebesar 83% dan untuk soal nomor 6 tentang menjelaskan peristiwa Asas Black siswa mengalami miskonsepsi sebesar 97%. Ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan proporsi miskonsepsi antara siswa laki-laki dan perempuan pada materi kalor dan perpindahannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyani, Sri, dkk. . Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Pokok Wujud Zat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bawang. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 1(1), 2012.

Hasanah, Daimul. Identifikasi Miskonsepsi Calon Guru Fisika Pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan Instrumen EDCT (Electric Dynamic Concept Test) Dengan CRI (Certainty Of Response Index. Jurnal Universitas Sarjanawiyata, 3(1), 2017.

Wahyudi, Astriani, Nurhayati. Penerapan Model Direct Intruction Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Ditinjau Dari Gender Pada Siswa. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/download/1809/754. (akses November 2019), 2014.

Suparno, P. Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta : PT Grasindo, 2013.

Sari, Maya. Deskripsi Miskonsepsi Pada Materi Gaya Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mujahidin Pontianak. Skripsi,IKIP PGRI Pontianak, 2015.

Downloads

Published

2020-07-13

How to Cite

Sholy Safitri, N., Djudin, T., & Trisianawati, E. (2020). IDENTIFKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 SUNGAI KAKAP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31571/jpsa.v3i1.1508