pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan

Authors

  • Deti Novianti Wulandari
  • Anita Anita
  • Eka Trisianawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengembangkan dan menilai kelayakan ahli media dan ahli materi dari bahan ajar berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan, dan (2) respon siswa yang baik terhadap bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter. Jenis penelitian adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D. subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas  MTs Nurul Islam Pontianak dengan jumlah 40 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data ahli materi, data ahli media dan respon siswa. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi, angket ahli media dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif berupa komentar dan saran yang ada pada lembar angket validasi ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka-angka yaitu 4,3,2, dan 1 berdasarkan skala likert yang kemudian dirata-rata. Hasil uii coba terbatas yang dilakukan, diperoleh bahwa : (1) Kualitas bahan ajar berbasis buku fabel berdasarkan ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak, dengan skor rata – rata 82%, Sedangkan berdasarkan ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan rata-rata skor 86% yang menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis buku fabel pada materi gerak lurus beraturan yang dikembangkan sudah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar, (2) hasil uji coba lapangan terhadap bahan ajar fisika berbasis buku fabel pada materi gerak lurus beraturan dengan menyebarkan angket respon siswa. Adapun rata-rata skor persentase yang diperoleh bahan ajar berbasis buku fabel ini adalah sebesar 80% yang berarti kriteria interpretasi respon siswa termasuk dalam kriteria setuju.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Buku Fabel, Berkarakter, Gerak Lurus Beraturan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

Ukhtinasari, F; Mosik; dan Sugiyanto. Pop-Up sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Alat-alat Optik untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal,6(2): 1-6, 2017.

Depdiknas, Paduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008.

Danandjaja, James. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. 2002.

Fitriawati, E; Syukri, M.; dan Miranda, D. Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4): 1-12, 2014.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. 2016.

Ogbondah, Livinus.. An Appraisal of Instructional Materials Used to Educate Migrant Fishermen’s Children in Rivers State, Nigeria. International Journal of Scientific Research Education 1 (1), 13-25. 2008.

Boisandi. Alsagaf, SLH. 2021. Developing Electrical Magnetic Textbook Based On Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 14-24.

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-15

How to Cite

Wulandari, D. N., Anita, A., & Trisianawati, E. (2021). pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 4(1), 12–19. Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2444