HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya korelasi antara penguasaan kosakata dan struktur kalimat dengan kemampuan menulis karangan narasi di Kelas IV SD Muhammadiyah PK Rabbani Klaten Tahun 2018/2019. Penelitian Studi Korelasional ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dengan tiga variabel, yakni X1 penguasaan kosakata, X2 penguasaan struktur kalimat, dan Y karangan narasi.Teknik analisis data dengan korelasi Product Moment, korelasi parsial, dan regresi ganda dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa ada korelasi antara X1 dengan Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,771. Ada korelasi antara X2 dengan Y dengan koefisien sebesar 0,441. Ada korelasi antara X1 dan X2 dengan Y dengan koefisien sebesar 0,884. Penguasaan kosakata memberikan sumbangan terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 59,16%, penguasaan struktur kalimat memberikan sumbangan terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 19,01 %. Sumbangan penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 78,17%.
Kata Kunci: penguasaan kosakata, struktur kalimat, karangan narasi
Downloads
References
Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Afifah, Anis. (2019). Hubungan Antara Minat Baca dan Kemampuan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Di SMP N 1 Pedan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Pasca Sarjana Unwidha.
Chaer, Abdul. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Darminto, Riyo. (2014). Hubungan antara Penguasaan Kosa Kata dan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Wonokusumo V Surabaya. E-Journal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 7. ISSN 2337-3253.
Depdiknas, (2013). Dokumen Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: CV.Sahabat.
Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa.
Malang: PT Indeks.
Doyin dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES PRESS.
Effendi S, Djoko Kentjono, dan Basuki Suhardi. (2015). Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Haryanto, Wasis. (2013). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Menulis Pidato (Survei pada siswa kelas VI SD Negerai Gugus “DR Soetomoâ€, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara). Tesis.Pasca Sarjana UNWIDHA.
Hastuti, Nining Yuni. (2012). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas XI SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis. Pasca Sarjana UNWIDHA.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.
Mulyani, Sri.(2009).Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa dengan Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Pasca Sarjana UNWIDHA.
Munirah Dan Hardian. (2016). “Pengaruh Kemampuan Kosakata dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA“. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,Volume 16, Nomor 1, April 2016, Hlm. 78-87 Universitas Muhammadiyah Makassar
Muslich, M. (2010). Garis-garis besar tatabahasa baku bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Noermanzah. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang Di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa IndonesiaAKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1 Nomor 1, Juni 2017 e-ISSN: 2580-9040 e-Journal: http://doi.org/10.21009/AKSIS
Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Rianti, Maya, Irfani Basri&Nursaid. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Guguak Kabupaten 50 Kota Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. FBS Universitas Negeri Padang.
Samsiyah, Siti dkk. (2013). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto).Jurnal Pendidikan Bahasa. 1 (1). ISSN 1693-623X.
Setyawan, Arief dkk. (2015). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 3 (2). ISSN I2302-6405.
Sitompul, Elsa Yusrika, (2013). Theaching vocabulary using Flascards and Wort List. Journal of English and Education 2013 1(1), hlm. 52-58.
Sukoyo, Joko. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES.Jurnal LINGUA IX (1). ISSN 18299342.
Suparno dan Mohamad Yunus. (2008). Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yunus, Syarifudin. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.