HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Authors

  • Rintik Sunariati Pascasarjana Unwidha Klaten
  • Esti Ismawati
  • Iswan Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya korelasi antara penguasaan kosakata dan struktur kalimat dengan kemampuan menulis karangan narasi di Kelas IV SD Muhammadiyah PK Rabbani Klaten Tahun 2018/2019. Penelitian Studi Korelasional ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dengan tiga variabel, yakni X1 penguasaan kosakata, X2 penguasaan struktur kalimat, dan Y  karangan narasi.Teknik analisis data dengan korelasi Product Moment, korelasi parsial, dan regresi ganda dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil analisis  disimpulkan bahwa ada korelasi antara X1 dengan Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,771. Ada korelasi antara X2 dengan Y dengan koefisien sebesar 0,441. Ada korelasi antara X1 dan X2 dengan Y dengan koefisien sebesar 0,884. Penguasaan kosakata memberikan sumbangan terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 59,16%, penguasaan struktur kalimat memberikan sumbangan terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 19,01 %.  Sumbangan penguasaan kosakata dan struktur kalimat terhadap kemampuan menulis karangan narasi sebesar 78,17%.

Kata Kunci: penguasaan kosakata, struktur kalimat, karangan narasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Afifah, Anis. (2019). Hubungan Antara Minat Baca dan Kemampuan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Di SMP N 1 Pedan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Pasca Sarjana Unwidha.

Chaer, Abdul. (2011). Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Darminto, Riyo. (2014). Hubungan antara Penguasaan Kosa Kata dan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Wonokusumo V Surabaya. E-Journal Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 7. ISSN 2337-3253.

Depdiknas, (2013). Dokumen Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: CV.Sahabat.

Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa.

Malang: PT Indeks.

Doyin dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES PRESS.

Effendi S, Djoko Kentjono, dan Basuki Suhardi. (2015). Tata Bahasa Dasar Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Haryanto, Wasis. (2013). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Menulis Pidato (Survei pada siswa kelas VI SD Negerai Gugus “DR Soetomoâ€, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara). Tesis.Pasca Sarjana UNWIDHA.

Hastuti, Nining Yuni. (2012). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas XI SMK Tunggal Cipta Manisrenggo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Tesis. Pasca Sarjana UNWIDHA.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2015). Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismawati, Esti. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Mulyani, Sri.(2009).Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Tata Bahasa dengan Keterampilan Berpidato Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Pasca Sarjana UNWIDHA.

Munirah Dan Hardian. (2016). “Pengaruh Kemampuan Kosakata dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA“. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra,Volume 16, Nomor 1, April 2016, Hlm. 78-87 Universitas Muhammadiyah Makassar

Muslich, M. (2010). Garis-garis besar tatabahasa baku bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Noermanzah. (2017). Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang Di Kota Lubuklinggau dan Pengaruhnya dalam Pembelajaran Bahasa IndonesiaAKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 1 Nomor 1, Juni 2017 e-ISSN: 2580-9040 e-Journal: http://doi.org/10.21009/AKSIS

Nurgiyantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rianti, Maya, Irfani Basri&Nursaid. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Guguak Kabupaten 50 Kota Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. FBS Universitas Negeri Padang.

Samsiyah, Siti dkk. (2013). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Membaca Cerita (Survei pada Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Jatiroto).Jurnal Pendidikan Bahasa. 1 (1). ISSN 1693-623X.

Setyawan, Arief dkk. (2015). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 3 (2). ISSN I2302-6405.

Sitompul, Elsa Yusrika, (2013). Theaching vocabulary using Flascards and Wort List. Journal of English and Education 2013 1(1), hlm. 52-58.

Sukoyo, Joko. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES.Jurnal LINGUA IX (1). ISSN 18299342.

Suparno dan Mohamad Yunus. (2008). Materi Pokok Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yunus, Syarifudin. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN STRUKTUR KALIMAT DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 309–329. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564