Problematik Pembelajaran Sastra (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Kolaka)

Authors

  • Syarifuddin Tundreng Universitas Sembilanbelas November

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.4083

Keywords:

problematik pembelajaran sastra, siswa smk negeri 2 kolaka, studi kasus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan yang dialami siswa SMK Negeri 2 Kolaka dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada aspek pembelajaran sastra. Penelitian menggunakan penelitian Kualitatif, dengan metode Penelitian bersifat deskriptif kualitatif, studi kasus digunakan sebagai media untuk menemukan, mempelajari, dan mengkaji secara mendalam kasus-kasus yang dialami siswa di SMK Negeri 2 Kolaka terkait aspek pembelajaran sastra Indonesia. Sumber data penelitian yaitu siswa SMK Negeri 2 Kolaka yang berjumlah 50 dari 130 jumlah keseluruhan siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik penelitian  guna menemukan data, yaitu berupa observasi (pengamaatan langsung), wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian yaitu: 1) kualitas guru yang yang mengajarkan sastra di SMK Negeri  Kolaka adalah guru bahasa Indonesia yang kurang memiliki kompetensi terhadap aspek sastra,     2) srana dan prasana sebagai pendukung dalam proses pembelajaran kurang memadai, sehingga membuat siswa tidak mampu mengembangkan kompetensi diri dalam mengapresiasi pembelajaran sastra secara teoretis dan praktis, 3) rendahnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sastra perlu menjadi perhatian khusus, dan 4) lembaga pendidikan yang terkait sebagai bagian dari birokrasi, kurang mampu memberikan pelayanan kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan sarana dan prasarana dalam rangka pengembangan kompetensi siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarifuddin Tundreng, Universitas Sembilanbelas November

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sembilanbelas November

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Tundreng, S. (2022). Problematik Pembelajaran Sastra (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Kolaka). Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 126–138. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.4083