Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Pria dan Wanita di Kelas 9 SMP

Authors

  • Prima Senja Sis Ha Abadi Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura
  • Venny Karolina Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura
  • Haratua Tiur Maria Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP. Metode yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U Test terhadap data nilai ulangan harian siswa. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar antara kedua kelompok, dengan nilai Mann-Whitney U Statistik sebesar 146.5 (p < 0.05). Siswa wanita memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi (56.25) dibandingkan siswa pria (49.33), meskipun kedua kelompok masih di bawah KKM yang ditetapkan. Simpulan utama dari penelitian ini adalah adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, A. (2022). Analisa persepsi pengaruh perbedaan gender pada prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa semester 2 program studi manajemen STIE Tribuana. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 105-114.

Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 25-34.

Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 85-99.

Asdar, M., & Barus, C. A. (2023). Analisis Perbandingan Perkembangan Kognitif Siswa SD dan SMP Berdasarkan Teori Piaget selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 148-157.

Darobi, M., Kristiani, K., & Harini, H. (2023, October). Exploring the impact of flipped classroom model on enhancing learning outcomes in economics: a review of scholarly perspectives. In Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran,1(1), 9-19.

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. JIPI: Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55.

Fajaruddin, S., Retnawati, H., Prihono, E. W., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak? Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127-134.

Hamama, S. F., Hallaby, S. F., & Ramona, S. (2019). Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 21-26.

Husain, B., & Ibrahim, I. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 91-106.

Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192.

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online learning & blended learning: perbandingan hasil belajar metode daring penuh dan terpadu. Prisma, 9(2), 154-166.

Mauk, F. K., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Yang Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 465-472.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).

Ramadhani, D. P. (2021). Analisis penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran ipa dan fisika: literature review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 110-120.

Ratminingsih, N. M. (2013). Pengaruh gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3).

Saputri, R. N., & Prasetiyo, W. H. (2023). Penguasaan Kompetensi Digital Berdasarkan Efikasi Diri Dan Jenis Kelamin: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Civic Hukum, 8(2).

Zulfa, L., Safari, R. A., Damayanti, A. N., & Setiawaty, R. (2022, August). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Systematic Literature Review. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 705-719.

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Prima Senja Sis Ha Abadi, Venny Karolina, & Haratua Tiur Maria. (2024). Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Pria dan Wanita di Kelas 9 SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1). https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7178