Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Pria dan Wanita di Kelas 9 SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7178Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP. Metode yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U Test terhadap data nilai ulangan harian siswa. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar antara kedua kelompok, dengan nilai Mann-Whitney U Statistik sebesar 146.5 (p < 0.05). Siswa wanita memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi (56.25) dibandingkan siswa pria (49.33), meskipun kedua kelompok masih di bawah KKM yang ditetapkan. Simpulan utama dari penelitian ini adalah adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP.
Downloads
References
Agus, A. (2022). Analisa persepsi pengaruh perbedaan gender pada prestasi belajar bahasa Inggris mahasiswa semester 2 program studi manajemen STIE Tribuana. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 105-114.
Agustina, D., Suyatna, A., & Suyanto, E. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(3), 25-34.
Anggrawan, A. (2019). Analisis deskriptif hasil belajar pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online menurut gaya belajar mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346.
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 85-99.
Asdar, M., & Barus, C. A. (2023). Analisis Perbandingan Perkembangan Kognitif Siswa SD dan SMP Berdasarkan Teori Piaget selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 148-157.
Darobi, M., Kristiani, K., & Harini, H. (2023, October). Exploring the impact of flipped classroom model on enhancing learning outcomes in economics: a review of scholarly perspectives. In Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran,1(1), 9-19.
Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. JIPI: Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55.
Fajaruddin, S., Retnawati, H., Prihono, E. W., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak? Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127-134.
Hamama, S. F., Hallaby, S. F., & Ramona, S. (2019). Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 21-26.
Husain, B., & Ibrahim, I. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 91-106.
Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).
Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online learning & blended learning: perbandingan hasil belajar metode daring penuh dan terpadu. Prisma, 9(2), 154-166.
Mauk, F. K., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Yang Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Inkuiri Terbimbing. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 465-472.
Muttaqien, F. (2017). Penggunaan media audio-visual dan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar vocabulary siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas x (Quasy experiment: SMAN 8 Garut). Jurnal Wawasan Ilmiah, 8(1).
Ramadhani, D. P. (2021). Analisis penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran ipa dan fisika: literature review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 110-120.
Ratminingsih, N. M. (2013). Pengaruh gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3).
Saputri, R. N., & Prasetiyo, W. H. (2023). Penguasaan Kompetensi Digital Berdasarkan Efikasi Diri Dan Jenis Kelamin: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Civic Hukum, 8(2).
Zulfa, L., Safari, R. A., Damayanti, A. N., & Setiawaty, R. (2022, August). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Systematic Literature Review. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 705-719.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
License and Publishing Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and publishing agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Bahasa agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.