Pengaruh Kemampuan Kesadaran Fonologi dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Membaca Bersuara Bahasa Inggris

Authors

  • Theresia Mundi Astuti Sekolah Tinggi Bahasa Asing Technocrat
  • Bayu Andika Prasatyo Sekolah Tinggi Bahasa Asing Technocrat

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7605

Abstract

Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh kemampuan kesadaran fonologi dan penguasaan kosakata secara bersama-sama/parsial terhadap keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris. Populasi pada penelitia ini adalah mahasiswa 40 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu kemampuan kesadaran fonologi dan penguasaan kosakata serta satu variabel terikat, yaitu keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan tes obyektif dan tes lisan untuk semua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan kesadaran fonologi dan penguasaan kosakata secara bersama- sama terhadap keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris. Dibuktikan dengan F hitung = 36,741 dan Sig.= 0,000 < 0,05; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan kesadaran fonologi terhadap keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris. Dibuktikan dengan t hitung = 3,704 dan Sig.= 0,001 < 0,05; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris. Dibuktikan dengan t hitung =5,566 dan Sig.= 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa untuk meningkatkan keterampilan membaca bersuara bahasa Inggris, pengajar perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan kesadaran fonologi dan penguasaan kosakata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dale, P. & Poms, L. (2005). English pronunciation made simple. United States of America: Pearson Education, Inc.

Gabrielatos, C. (2002). Reading loud and clear - reading aloud in ELT. Retrieved June 29, 2019 from www.gabrielatos.com/RA-ERIC.pdf.

Gibson, S. (2008). Reading aloud; a useful learning tool? ELT Journal 62(1).

Hougen, M. (2015). Innovation configuration -evidence-based reading instruction for adolescents (CEEDAR document). Retrieved June 29, 2019, from http://ceedar.education.ufl.edu/tools/innovation-configurations/

Huang, L. (2010). Reading aloud in the foreign language teaching. Asian Social Science 6(4), 148-150.

McCarten, J. (2007). Teaching vocabulary. New York: Cambridge University Press.Moats. L. & Tolman, C. (2009). Why phonological awareness is important for reading and spelling.Reading Rockets. Retrieved June 06, 2019, from http://www.readingrockets.org/article/why-phonological-awareness-important.

Pikulski, J.J. & Templeton, S. (2004). Teaching and developing vocabulary: key to long-term reading success. Houghton Mifflin Reading. Retrieved December 06, 2019, from http://www.eduplace.com/marketing/nc/pdf/author_pages.pdf.

Schuele, C.M. & Murphy, N.D. (2014). The intensive phonological awareness program. Maryland: Paul H. Brookes Publishing Co.

Sedita, J. (2005). Effective vocabulary instruction. Insights on Learning Disabilities 2(1), 33-45.

Slavin, R.E. & Madden, N.A. & Chambers. B. & Haxby. B. (2014). Membaca membuka pintu dunia. (Diterjemahkan dari 2 Million children success for all). Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar dengan lisensi dari Corwin Press.

Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit

Angkasa.

Tarigan, H.G. (2011). Pengajaran kosakata. Bandung: Penerbit Angkasa.

Trehearne, M., Healy, L. H., Cantalini, M. and Moore, J. L. (2004). Comprehensive Literacy Resource for Kindergarten Teachers. Chicago, United States: ETA/Cuisenaire.

Downloads

Published

2024-07-01

How to Cite

Astuti, T. M., & Prasatyo, B. A. (2024). Pengaruh Kemampuan Kesadaran Fonologi dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Membaca Bersuara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(1). https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i1.7605