Hybrid Code Mixing Dalam Lirik Lagu “Please Sahali Nai”

Authors

  • Cristien Oktaviani Saragih Universitas Sumatera Utara
  • Asriaty r Purba Universitas Sumatera Utara
  • Risdo Saragih Universitas Sumatera Utara
  • Johannes Pandiangan Universitas Sumatera Utara
  • Tioara Monika Simarmata Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i2.8527

Abstract

Penelitian ini membahas fenomena hybrid kode-mix dalam lirik lagu Batak Toba”Please Sahali Nai” dengan menggunakan teori sosiolingusitik. Hybrid kode mixing adalah penggabungan unsur-unsur bahasa yang berbeda dalam satu wacana, yang sering mencerminkan perubahan sosial, budaya, dan identitas penutur. Lirik lagu yang digunakan terdapat Bahasa Toba dan Bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan dengan menganalisis isi untuk mengidentifikasi dan mengetahui jenis campur kode. Faktor yang melatarbelakanginya serta makna yang terdapat dalam lirik lagu “Please Sahali Nai pe Ito”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode-mix dalam lagu ini berfungsi untuk memperkuat ekspresi emosional, menjembatani nilai-nilai tradisional dengan pengaruh modern, serta menarik perhatian audiens yang lebih luas, terutama generasi muda. Temuan ini memperlihatkan bahwa campur kode dalam lirik lagu tidak hanya berfungsi sebagai ekspresi artistik, tetapi juga sebagai alat untuk menjembatani nilai tradisional dan pengaruh global, memperkuat identitas budaya, serta mencerminkan sikap bilingualisme dan multikulturalisme masyarakat Batak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, M. (2002). Teaching “Bad” American English: Profanity and Other “Bad” Words in the Liberal Arts Setting. Journal of English Linguistics, 30(4), 353–365. https://doi.org/10.1177/007542402237883.

Ardiyanti, D., & Setyorini, R. (2018). Analisis Campur Kode pada Lirik Lagu Jaran Goyang Dipopulerkan oleh Nella Kharisma. Jurnal SAP, 2(3).

Dwi, A., Wakila, N., & Arti, S. C. (2022). Analisis Campur Kode dalam Lirik “My Heart” Karya Melly Goeslaw dan Anto Hoed. 1(3).

Dzulfikri Alfian, M., Suwadi, D., Pd, M., & Rosidah, I. (2024). Analisis Campur Kode dalam Transaksi Jual Beli antara Penjual dan Pembeli di Konter Dahlan Cell Kota Pasuruan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 3. https://doi.org/10.8734/argopuro.v1i2.365.

Juariah, Y., Uyun, A., Nurhasanah, O. S., & Sulastri, I. (2020). Campur Kode dan Alih Kode Masyarakat Pesisir Pantai Lippo Labuan (Kajian Sosiolinguistik). Deiksis, 12(03), 327-335. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i03.5264.

Purwanto, M. A. (2023). Peristiwa Alih Kode dan Campur Kode di Kolom Komentar Video “Nostalgia Hal-Hal Gila” Youtube Rahmet Ababil Serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. SeBaSa, 6(1), 66–81. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6612.

Rahayu, W. (2023). Penggunaan dan Pemaknaan Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 158–162. https://doi.org/10.58705/jpm.v2i1.117.

Stevanus, K. (2020). Memaknai Kisah Orang Samaria yang Murah Hati Menurut Lukas 10:25-37 sebagai Upaya Pencegahan Konflik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.34307/b.v3i1.99.

Syaifuddin, A., Fathurohman, I., & Ristiyani, R. (2024). Analisis Bentuk dan Fungsi Campur Kode dalam Lirik Lagu Pop Jawa Karya Denny Caknan. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 673–687. https://doi.org/10.31943/bi.v9i2.812.

Yuana Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya, C. (2020). Analisis Penggunaan Alih Kode Dan Campur Kode dalam Lirik Lagu Aimer Album Dawn dan Sleepless Nights (Vol. 2, Issue 1). Bulan.

Yusnan, M., Risman Iye, K., & Riki Bugis Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Muhammadiyah Buton YIPQ Sekolah Tinggi Agama Islam Baubau, H. (2020). Alih Kode dan Campur Kode pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El-Parsia. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS), 1(1).

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Saragih, C. O., Purba, A. r, Saragih, R., Pandiangan, J., & Simarmata, T. M. (2024). Hybrid Code Mixing Dalam Lirik Lagu “Please Sahali Nai”. Jurnal Pendidikan Bahasa, 13(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v13i2.8527