PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK

Yuliananingsih Yuliananingsih, Teresius Darmo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membina kedisiplinan peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau. Jenis penelitian mengunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan bentuk penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumenter. Alat pengumpul data berupa panduan observasi, pedoman wawancara, dan lembar catatan. Hasil penelitian yakni pelaksanaan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau sudah berjalan sebagaimana mestinya, meskipun secara keseluruhan belum maksimal sesuai apa yang diharapkan, karena masih ada beberapa diantara peserta didik yang kurang disiplin. Peran guru pendidikan  kewarganegaraan dalam membina kedisiplinan peserta didik dengan cara mengingatkan siswa supaya tidak melakukan pelanggaran aturan dan memberikan pemahaman pentingnya kedisiplinan untuk memperoleh keberhasilan dalam belajar yang baik. Upaya guru dalam membina kedisiplinan peserta didik dengan cara memberikan pemahaman pentingnya kedisiplinan dengan mengaitkan kewajiban siswa di kelas dan kewajiban siswa dalam menaati aturan yang ada di lingkungan sekolah. Jika siswa masih melakukan pelanggaran harus segera diberikan peringatan berupa teguran dan apabila siswa tetap melakukan pelanggaran, maka diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang ada di sekolah.

Keywords


peran guru, membina kedisiplinan, peserta didik.

Full Text:

Download PDF

References


Gie, T. L. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. L. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press

Oteng, S. 1993. Administrasi Pendidikan Dasar Teoretis untuk Praktik Profesional. Bandung: Angkasa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas R.I.

Purwanto, N. 2008. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Syamsuddin, M. A. 2003. Psikologi Pendidik. Bandung: PT Rosda Karya.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supriadi, dkk. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tulus, T. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Waspada, I. P. 2004, Sukses Usaha Profit. Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat. (Online). Tersedia di: hhp://jurnal.upi.edu/ file/Ika P.pdf.

Wiwin, P. A. 2017. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Karakter Disiplin Peserta Didik melalui Pendekatan Keteladanan di SMP Negeri 2 Tempe. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, 2: 534.

Zumrotul, A. V. 2011. Peranan Guru PAI sebagai Motivator dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMP Nusantara Plus. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1073

Article Metrics

Abstract view : 467 times
Download PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuliananingsih, Teresius Darmo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License