Vol. 17 No. 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, technology, socio-culture, and entrepreneurship, especially related to higher and basic Education in order to inspire and provide benefits for the wider community. it contains research results and basic scientific literature) according to the field of its scientific work.
Published: 2019-06-30

Editorial

  • COVER

    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1367
  • FRONT MATTER (Editorial Board, Pengantar, Daftar Isi, Pedoman)

    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1189

Research Article (Artikel Penelitian)

  • Persepsi Guru terhadap Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di Kabupaten Sekadau

    Aunurrahman Aunurrahman, Musa Musa, Dada Suhaida, Muhammad Lahir, Agus Dediansyah
    1-13
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1071
  • Peningkatan Motivasi Belajar melalui Strategi Permainan Kartu Domino pada Mata Pelajaran PKn di SMP

    Pajarudin Pajarudin
    14-26
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1072
  • Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Make A Match terhadap Hasil Belajar

    Erni Fatmawati, Ria Yuliatin
    27-37
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1076
  • Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP se-Kota Pontianak

    Desty Septianawati
    38-46
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1078
  • Kompetensi Profesional Guru Geografi dalam Proses Pembelajaran Materi Lingkungan Hidup di Kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang

    Ihsan Nurhakim, Ivan Veriansyah
    47-56
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1074
  • Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik

    Yuliananingsih Yuliananingsih, Teresius Darmo
    57-67
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1073
  • Meningkatkan Sikap Empati Siswa SMP melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama

    Novi Andriati, Amelia Atika, Petrus Rico Yuditio
    68-79
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1081
  • Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Tsanawiyah

    Ema Sukmawati, Rustam Rustam
    80-89
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1075
  • Analisis Tata Tulis Karangan Eksposisi Kelas X IPS SMK Muhammadiyah Pontianak (Ditinjau Berdasarkan PUEBI)

    Melia Melia
    90-97
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1080
  • Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama

    Mesterianti Hartati, Mai Yuliastri Simarmata, Selly Firtawati
    98-111
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083
  • [RETRACTED] Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi pada Mahasiswa

    Wiendi Wiranty
    112-120
    DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1082