Kompetensi Profesional Guru Geografi dalam Proses Pembelajaran Materi Lingkungan Hidup di Kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1074Keywords:
kompetesi profesional guru, proses pembelajaran, lingkungan hidup, teacher profesional competence, learning process, environmentAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan pembelajaran geografi melalui
kompetensi profesional guru geografi dalam proses pembelajaran materi
Lingkungan Hidup di Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Singkawang.
Penelitian merupakan penelitian kuantitatif berjenis deskriptif dan asosiatif yaitu
menggunakan APKG 1 dan 2 sebagai alat ukur. Dari hasil penelitian APKG 1
memperoleh nilai 3,65 dengan karegori sangat baik dan APKG 2 memperoleh nilai 3,35 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil angket 75,52 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi profesional guru geografi dapat mengembangkan proses pembelajaran materi Lingkungan Hidup kelas XI SMA Negeri 10 Singkawang dengan kategori sangat baik.
Â
Abstract
The purpose of this study was to develop geography learning through the profesional competence of geography teachers in the learning process of Environmental Materials at the eleventh grade students of SMAN 10 Singkawang. This research is a descriptive and associative quantitative research of APKG 1 and 2 as a measurement tool. The result of the research showed that: (1) APKG 1 score is 3.65 which was categorized as very good; (2) APKG 2 score is 3.35 which was categorized as very good; and (3) the finding also revealed thatquestionnaire score is 75.52 which was categorized as very good. As for the results of this study known that the profesional competence of geography teachers can develop the learning process of environmental material on the eleventh grade students of SMAN 10 Singkawang which was categorized as very good.
Downloads
References
Aminah, S. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kemampuan Mengajar Guru Kimia dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa. Tesis Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Jawa Tengah.
Andrianto, H. 2008. Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega8535. Informatika. Bandung: Erlangga.
Arikunto, S. 2016. Statistika Penelitian. Jakarta: Rienika Cipta.
Arikunto, S. 2015. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriani, D. M. 2011. Hubungan antara Persepsi terhadap Word Of Mouth (WOM) dengan Intensi Makan Vegetarian pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponorogo Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 10(1): 172-183.
Ginting, S. H. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan: Usu Press.
Rosadi, I. 2001. Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan melalui Capabilities-Based Competition: Memikirkan Kembali tentang Persaingan Berbasis Kemampuan. Jurnal BENEFIT, 5(1): 35-48.
Setriani, L. 2017. Persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Variasi Mengajar Dosen. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: 238-246.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Rienika Cipta.
Sukmadinata, N. S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Tamyong, A. T. 2015. Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang. (1989). Sistem Pendidikan Indonesia Nomor 2. Jakarta: Kepmen.
Undang-Undang. 2015. Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang RI Pasal 10 Ayat 1. 2015. Jakarta: Seketariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
Usman, U. 2015. Profesi Keguruan dan Pendidikan. Bandung : Citra Umbara.
Wardani, I. K. 2009. Mengurangi Persepsi Negatif Siswa tentang Konselor Sekolah dengan Strategi Pengubahan Pola Pikir C. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Prodi BK FIP Unesa), 10(2): 234.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.