KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP SE-KOTA PONTIANAK

Desty Septianawati

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa pada tahap perkembangan pengetahuannya. Hal tersebut karena kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan dasar bagi siswa untuk dapat bersaing dalam menghadapi tantangan hidup yang tidak lepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, terutama penguasaan terhadap semua mata pelajaran di sekolah. Penelitan dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP se-Kota Pontianak yang terbagi menjadi sekolah kategori tinggi, sekolah kategori sedang, dan sekolah kategori rendah. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitiannya adalah penelitian survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Dari 23 sekolah diambil secara acak masing-masing sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengkategorian sekolah berdasarkan nilai Ujian Nasional siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa SMP se-Kota Pontianak sebesar 44,4% dengan kategori cukup, sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah masing-masing sebesar 46,05%, 45,15%, dan 42% yang berarti tergolong cukup.

Keywords


berpikir kreatif, sekolah kategori tinggi, sekolah kategori sedang, sekolah kategori rendah.

Full Text:

Download PDF

References


Budiyono. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Correiro, E. E., Griffin, L. R., & Hart, P. E. 2008. A Constructivist Approach to Inquiry-Based Learning: A TUNEL Assay For The Detection Of Apoptosis In Cheek Cells.

Darmadi, H. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: CV. Alfabeta.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwaningrum, J. P. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Jurnal Refleksi Edumatika, 6(2): 145-157.

Putra, H. D., dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano Jurnal Maematika Kreatif Inovatif, 9(1): 47-53.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suharnan. 2011. Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Tentang Dasar, Fungsi Dan Tujuan Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1078

Article Metrics

Abstract view : 137 times
Download PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Desty Septianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License