[RETRACTED] Peningkatan Keterampilan Menyimak Komprehensif dan Kritis dengan Metode Resitasi pada Mahasiswa

Wiendi Wiranty

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil peningkatan keterampilan  menyimak komprehensif dan kritis dengan metode resitasi pada mahasiswa.  Masalah penelitian adalah bagaimana proses dan hasil meningkatkan keterampilan menyimak komprehensif dan kritis menggunakan metode resitasi? Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpul data menggunakan teknik komunikasi langsung, observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan angket, panduan observasi, pedoman wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Siklus I terjadi peningkatan menjadi 60,01% dan siklus II mencapai 78,50%. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode resitasi pada mata kuliah menyimak komprehensif dan kritis dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa.

Keywords


menyimak komprehensif dan kritis, resitasi, PTK

Full Text:

Download PDF

References


Iskandar. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi.

Murniasih, R. & Fayeldi, T. 2017. Metode Resitasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Jurnal Edukasi. IV(1): 8-12.

Tarigan, H. G. 1997. Keterampilan Menyimak, Modul 1-5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, H. G. 1994. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memperngaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, A. M. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi, S. 2011. Peneltian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pressindo.




DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wiendi Wiranty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License