PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Mesterianti Hartati, Mai Yuliastri Simarmata, Selly Firtawati

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara jelas dan objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan penerapan model cooperative learning tipe think talk write pada siswa kelas VIII  Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian menggunakan metode tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Untuk objek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu yang jumlahnya 24 orang dan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif dari sebelum penerapan model, sementara dari hasil pembelajaran terdapat peningkatan dari sebelum menggunakan model Think Talk Write hingga sesudah  menggunakannya. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase pembelajaran dengan ketercapaian indikator kinerja pada saat pra siklus yaitu 29,17% menjadi 91,67% di siklus 2, terlihat peningkatan tersebut hingga 62,5%.

Keywords


keterampilan menulis, teks berita, tipe think talk write

Full Text:

Download PDF

References


Akhadiah, dkk. 2009. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, S. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barus, S. W. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Utama.

Haryati, N. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Talk Write bagi Siswa Kelas VIII A SMP Murni 1 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Konvergensi, 24(5).

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Slamet , Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Trianto. 2003. Model-Model Pembelajaran Inovatif BerorientasiKonstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Wijana, I. D. P. & Rohmadi, M. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083

Article Metrics

Abstract view : 390 times
Download PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mesterianti Hartati, Mai Yuliastri Simarmata, Selly Firtawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License