Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083Keywords:
keterampilan menulis, teks berita, tipe think talk write, writing skills, news text, type think talk writeAbstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi secara jelas dan objektif mengenai peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan penerapan model cooperative learning tipe think talk write pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian
menggunakan metode tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Untuk
objek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu yang jumlahnya 24 orang dan 1 orang guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, komunikasi langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian diketahui bahwa dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif dari sebelum penerapan model, sementara dari hasil pembelajaran terdapat peningkatan dari sebelum menggunakan model Think Talk Write hingga sesudah menggunakannya. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase pembelajaran dengan ketercapaian indikator kinerja pada saat pra siklus yaitu 29,17% menjadi 91,67% di siklus 2, terlihat peningkatan tersebut hingga 62,5%.
Â
Abstract
This study aimed at finding out and getting information clearly and objectively
about improving news text writing skills by applying the model of cooperative
learning think talk write at the class VIII Suhaid 1 Junior High School 1 Kapuas
Hulu District. The study used action methods, with a form of classroom action
research. For the object of research was students of class VIII A of SMP Negeri 1
Suhaid in Kapuas Hulu Regency which consisted of 24 students and 1 teacher. Data collection techniques used in this study was direct observation, direct
communication, measurement, and documentary study. Data analysis technique
used in this study was classroom action research with comparative descriptive
statistical technique. The results of this study showed that the learning process
becomes more active than before the application of a model, moreover, from the
learning outcomes there was an increase of up to 62% from the results of writing pre-cycle news text to the second cycle.
Downloads
References
Akhadiah, dkk. 2009. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arikunto, S. dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Barus, S. W. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.
Chaer, A. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Utama.
Haryati, N. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Think Talk Write bagi Siswa Kelas VIII A SMP Murni 1 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Konvergensi, 24(5).
Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Slamet , Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Trianto. 2003. Model-Model Pembelajaran Inovatif BerorientasiKonstruktivistik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.
Wijana, I. D. P. & Rohmadi, M. 2011. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pressindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.