Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 1 Sungai Kunyit Pontianak)

Authors

  • Ahmad Jamalong PPKn, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Indajati Indajati SMPN 1 Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.16

Keywords:

metode, diskusi kelompok, efektivitas, pembelajaran, Pendidikan Kewargenegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas  hasil belajar siswa dengan penggunaan sebuah metode diskusi kelompok. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII di SMPN 1 Sungai Kunyit Kabupaten Pontianak tahun pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VII yang dipilih secara random sampling. Data dikumpulkan dengan tes, kemudian dilakukan tindakan menggunakan penelitian tindakan kelas. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dengan materi sejarah perkembangan proklamasi kemerdekaan . Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu: perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan tidak ada satu siswa yang mencapai tingkat ketuntasan. Setelah dilaksnakan tindakan pada siklus 1, terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok sebesar 58,5, pada pelaksanaan siklus 2, adanya peningkatan sebesar 67,09 dan hasil pelaksanaan siklus 3 terjadi peningkatan yang sangat signifikan yakni sebesar 76,93 dan melampaui Kriteria Ketuntasan Minumum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah atau mata pelajaran PKn yakni 7.00. Kesimpulan penelitian ini bahwa diterapkannya metode diskusi kelompok dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMPN 1 Sungai Kunyit Pontianak dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-06-25

How to Cite

Jamalong, A., & Indajati, I. (2015). Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi (Penelitian Tindakan Kelas di SMPN 1 Sungai Kunyit Pontianak). Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 15–26. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.16

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)