Upaya Dosen Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal pada Proses Perkuliahan Pendidikan Geografi di IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Pitalis Mawardi B Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Paiman Paiman Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.19

Keywords:

kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal, Pendidikan Geografi

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui upaya dosen mengembangkan kecerdasan interpersonal  dan kecerdasan intrapersonal pada proses Perkuliahan Pendidikan Geografi di IKIP PGRI Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah survey (Survey Studies). Subjek penelitian ini adalah Dosen dan  mahasiswa semester III program studi pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tehnik komunikasi Lansung dan Tehnik komunikasi tidak lansung. serta teknik observasi langsung sebagai objek pendukung dalam pengumpulan data. Berdasarkan Pengujian Hipotesis Penelitian, maka dapat diartikan bahwa upaya dosen mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal pada proses pembelajaran Pendidikan Geografi dikategorikan baik, dengan persentase yang dicapai adalah 78,23% dan masuk dalam rentang persentase 70%-79% dengan kategori “Baikâ€. Adapun hasil analisis data untuk setiap upaya yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Upaya dosen mengembangkan kecerdasan interpersonal, dikategorikan baik dengan persentase 78,26%. 2)Upaya dosen mengembangkan kecerdasan intrapersonal, dikategorikan baik dengan persentase 78,21%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Mawardi B, P., & Paiman, P. (2016). Upaya Dosen Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal pada Proses Perkuliahan Pendidikan Geografi di IKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 53–62. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.19

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)