Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Authors

  • Rika Anggela Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.20

Keywords:

kompetensi profesional, motivasi kerja, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi profesional dengan  prestasi belajar geografi siswa SMA Di Kota Yogyakarta; (2) hubungan motivasi kerja guru dengan  prestasi belajar  geografi  siswa SMA Di Kota Yogyakarta; (3) hubungan kompetensi profesional dan motivasi kerja guru dengan prestasi belajar  geografi  siswa SMA Di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan  pendekatan korelasional. Populasinya dalam penelitian  ini adalah seluruh Guru Sekolah SMA di Kota Yogyakarta yang berjumlah 42 guru dengan derajat signifikansi 5%, sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 Guru.  Alat pengumpulan data yang digunakan berupa Angket. Teknik analisis data dilakukan adaalah regresi linier berganda dengan  uji prasyarat analisis ada 2, yaitu uji normalitas dan  linieritas serta uji independensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta dengan Koefisien korelasi antara X1 dan Y sebesar  0,4832, (2)  terdapat hubungan yang positif antara Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta dengan Koefisien korelasi antara X2 dan Y sebesar 0,4342,  (3) terdapat hubungan yang positif antara Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta dengan koefisien korelasi ganda antara X1,2 dan Y sebesar 0,6338.

 

Kata kunci: Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Anggela, R. (2016). Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa SMA di Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 63–72. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.20

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)