Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Sejarah Semester 3 IKIP PGRI Pontianak TA 2014/2015

Authors

  • Sahid Hidayat Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Siswandi Siswandi Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Saiful Bahri Pendidikan Sejarah, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.21

Keywords:

motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar  mahasiswa prodi sejarah semester 3 IKIP PGRI Pontianak TA 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan bentuk penelitian studi hubungan,  jenis Ex-post facto. jumlah populasi 146 orang dan sampel 40 orang mahasiswa semester 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Alat penelitian yang digunakan berupa angket dan data IPK semester 2 dari mahasiswa yang diteliti. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus persentase, mean dan rumus r product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam perhitungan data yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan sebesar 0,865. Sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa prodi sejarah semester 3 IKIP PGRI Pontianak, sebesar 0,865 kategori “tinggiâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-02-25

How to Cite

Hidayat, S., Siswandi, S., & Bahri, S. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Sejarah Semester 3 IKIP PGRI Pontianak TA 2014/2015. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(1), 73–82. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.21

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)