Peningkatan Aktifitas Belajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran melalui Metode Inquiry
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i1.22Keywords:
metode inquiry, aktifitas belajarAbstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Aktifitas Belajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Melalui Metode Inquiryâ€.Tujuan dalam penelitian ini untuk melihat dan mendapatkan informasi secara jelas, objektif, sistematis menganalisis Peningkatan Aktifitas Belajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Melalui Metode Inquiry pada Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Geografi Tahun Akademik 2014/2015.  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan (Action research) dengan bentuk penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian Mahasiswa semester III Program studi pendidikan geografi tahun Akademik 2014/2015.  Berdasarkan Analisis data dapat disimpulkan secara umum bahwa Melalui Penerapan Metode Inquiry dapat meningkatkan Aktifitas Belajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi pada Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Geografi Tahun Akademik 2014. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Penerapan menggunakan model inquiri materi merancang dan mengaplikasikan perencanaan pembelajaran dalam proses pembelajaran. Selama pengamatan, semua kegiatan dirancang telah dilaksanakan dengan baik. 2). Terdapat Peningkatan Aktifitas belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi. Dalam penelitian dari siklus I sampai siklus II didapat hasil sebagai berikut : aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I aktivitas fisik 44,85%, mental 42,3%, emosional 119,5% pada siklus II sebesar aktivitas fisik 72,42%, mental 86,83%, emosional 68,41%,. Rata-rata ketuntasan hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 62,5% siklus II sebesar 89,47%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.