Analisis Pemanfaatan, Faktor Pendukung dan Penghambat, serta Upaya Optimalisasi Aplikasi Zotero dalam Penulisan Karya Ilmiah

Authors

  • Abdul Haliq Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan http://orcid.org/0000-0001-8237-6252
  • Akmal Hamsa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan
  • Sakaria Sakaria Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2325

Keywords:

pemanfaatan Zotero, faktor penghambat dan pendukung, optimalisasi Zotero, referensi karya tulis ilmiah, use of Zotero, inhibiting and supporting factors, optimization of Zotero, references to scientific papers

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan, faktor penghambat dan pendukung, serta upaya optimalisasi aplikasi Zotero dalam mengelola referensi karya tulis ilmiah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar dengan jumlah 40 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Analisis data mengadopsi model analisis interaktif yang terdiri atas empat alur kegiatan, yaitu pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Zotero memudahkan dalam mengelola referensi, memiliki perpustakaan digital, kemudahan sitasi tulisan, dan efisien. Adapun faktor penghambat yaitu mahasiswa tidak terbiasa menggunakan aplikasi, proses instalasi, sinkronisasi file, integrasi, dan penambahan sitasi dengan Microsoft Word. Sedangkan faktor pendukung yaitu keterampilan mengoperasikan komputer, penguasaan teknik penulisan makalah, aplikasi Zotero bersifat nonkomersial, kemudahan menyimpan, mengonversi, dan mengedit metadata. Upaya optimalisasi dilakukan dengan memberikan fasilitas pendukung seperti buku panduan dan video tutorial, buku panduan sitasi, serta WhatsApp group. 

 

Abstract

This research aimed to analyze the utilization, inhibiting and supporting factors, and the efforts to optimize the Zotero application in managing references to scientific papers. This research used a qualitative approach and was conducted on 40 students of the Language and Literature Education Study Program, Universitas Negeri Makassar. Data collection was carried out by observation,  questionnaire, and interview techniques. Data analysis was carried out by adopting an interactive analysis model consisting of four activity streams, namely data collection, reduction, presentation, and drawing conclusions. The results showed that the use of the Zotero application made it easier to manage references, have a digital library, ease writing citation, and efficient. The inhibiting factors including students are not accustomed to using applications, the installation process, synchronizing files, integrating, and adding citations to Microsoft Word. Furthermore, supporting factors, including computer skills, mastery of paper writing techniques, noncommercial Zotero applications, ease of storing, converting, and editing metadata. Optimization efforts are carried out by providing supporting facilities such guidebooks-video tutorials, citation manuals, and WhatsApp groups.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidid, M. K., Bustan, M. N., & Statistika, P. (2020). Manajemen referensi dengan aplikasi Zotero. Jurnal Dedikasi, 22(2), 126-128.

Anjali, M. E. C., & Istiqomah, Z. (2020). Implementasi pelatihan aplikasi Zotero di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bagi mahasiswa magister Ilmu Pemerintahan. Publication Library and Information Science, 3(2), 97-103. http://dx.doi.org/10.24269/pls.v3i2.2434.

Courraud, J. (2014). Zotero: A free and open-source reference manager. Medical Writing, 23(1), 46-48. https://doi.org/10.1179/2047480614Z.000000000190.

Habibah, S., Basri, S., & Mus, S. (2018). Manajemen referensi penulisan karya tulis ilmiah Mahasiswa STKIP-PI Makassar. Seminar Nasional Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UNM Tahun 2018.

Haliq, A., & Riyanti, A. (2018). Pembelajaran mandiri melalui literasi digital. Seminar Tahunan Linguistik Tingkat Internasional SPs UPI Tahun 2018.

Idri, N. (2015). Zotero software: A means of bibliographic research and data organisation; teaching bibliographic research. Arab World English Journal, July(2), 124-133.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa dengan media aplikasi pengolah kata. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 267-277. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010208.

Mansyur, U. (2016). Inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan proses. Jurnal Retorika, 9(2), 90-163. https://doi.org/10.26858/retorika. v9i2.3806.

Marshall, C. (2020). Citation management software raises library profile. Journal of Hospital Librarianship, 20(2), 151-155. https://doi.org/10.1080/ 15323269.2020.1738850.

Maryatun. (2020). Efektivitas kegiatan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2), 145-166. https://doi.org/10.14421/ fhrs.2020.152.145-166.

Mauludin, S., & Cahyani, I. (2018). Literasi digital dalam pembelajaran menulis. Seminar International Riksa Bahasa XII Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs UPI Tahun 2018.

Nuraini, M. W. (2020). Analisis perbandingan aplikasi manajemen referensi Zotero 5.0.66. dan Endnote X9. Publication Library and Information Science, 3(2), 80-86. http://dx.doi.org/10.24269/pls.v3i2.2112.

Pecorari, D. (2013). Teaching to avoid plagiarism: How to promote good source use. Berkshire, England: Open University Press.

Prihantini, F. N., & Indudewi, D. (2017). Kesadaran dan perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(1), 68-75. https://doi.org/10.26623/jdsb.v18i1.559.

Ray, A. K., & Ramesh, D. B. (2017). Zotero: Open source citation management tool for researchers. International Journal of Library and Information Studies, 7(3), 238-245.

Supriyanto, W., & Iswandari, R. (2017). Kecenderungan sivitas akademika dalam memilih sumber referensi untuk penyusunan karya tulis ilmiah di perguruan tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 79-86. https://doi.org/10.22146/bip.26074.

Supriyatno, H. (2018). Pemanfaatan Zotero dalam penyusunan karya tulis ilmiah pustakawan. Indonesian Journal of Academic Librarianship, 1(2), 39-53.

Thomas, A. (2017). Faculty reluctance to report student plagiarism: a case study. African Journal of Business Ethics, 11(1), 103-119. https://doi.org/ 10.15249/11-1-148.

Universitas Negeri Makassar (UNM). (2019). Peraturan Rektor Universitas Negeri Makassar tentang Peraturan Akademik Universitas Negeri Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Vaidhyanathan, V., Moore, M., Loper, K. A., Van-Schaik, J., & Goolabsingh, D. (2012). Making bibliographic researchers more efficient: Tools for organizing and downloading pdfs, part 1: Icyte, Mendeley Desktop, Papers, PDF Stacks, PubGet Paperplane, WizFolio, and Zotero. Journal of Electronic Resources in Medical Libraries, 9(1), 47-55. https://doi.org/10.1080/15424065.2012.651576.

Wicaksono, M. F., & Nurpratama, M. R. (2017). Benefits of record management for scientific writing (Study of metadata reception of Zotero reference management software in UIN Malang). Record and Library Journal, 3(2), 209-219. http://dx.doi.org/10.20473/rlj.V3-I2.2017.209-219.

Winslow, R. R., Skripsky, S. L., & Kelly, S. L. (2016). Chapter 14. Not just for citations: Assessing Zotero While reassessing research. In B. J. D’Angelo, S. Jamieson, B. Maid, & J. R. Walker (Eds.), Information Literacy: Research and Collaboration across Disciplines (pp. 287–304). The WAC Clearinghouse: University Press of Colorado.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Haliq, A., Hamsa, A., & Sakaria, S. (2021). Analisis Pemanfaatan, Faktor Pendukung dan Penghambat, serta Upaya Optimalisasi Aplikasi Zotero dalam Penulisan Karya Ilmiah. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 16–30. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2325

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)