ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA

Karsoni Berta Dinata

Abstract


Abstrak

Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya perubahan proses pembelajaran dari tatap muka langsung menjadi pembelajaran daring yang memerlukan kemampuan literasi digital. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi digital mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kotabumi tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 41 orang. Sampel penelitian sebanyak 30 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kemampuan literasi digital. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden “Sangat Baik” pada kemampuan functional skill and beyond dan “Baik” pada ketujuh aspek literasi digital yang lain. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa kemampuan literasi digital mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kotabumi berada pada kategori “Baik”.

 

Abstract

The COVID-19 pandemic has led to a change in the learning process from face-to-face to online learning that requires digital literacy skills. This research aimed to determine how students' digital literacy skills were. The research method used was descriptive quantitative. The population in this study were all students of the Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah Kotabumi University in the 7th semester of the 2020/2021 academic year, totaling 41 people. The research sample was 30 people who were obtained using simple random sampling technique. Data were collected using a digital literacy ability questionnaire. The data analysis technique used descriptive statistics. The results showed that the respondents were "Very Good" in their functional skills and beyond and "Good" in the other seven aspects of digital literacy. Based on the results of data analysis, it is concluded that the digital literacy skills of students in the Mathematics Education Study Program of the Teacher Training and Education Faculty, Muhammadiyah University of Kotabumi are in the "Good" category.


Keywords


literasi digital; pembelajaran daring; COVID-19; digital literacy; e-learning

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Renika Cipta.

Dinata, K. B. (2020). Problematika pembelajaran daring mata kuliah Geometri Transformasi di masa pandemi COVID-19. Eksponen, 10(2), 50-58. https://doi.org/10.47637/eksponen.v10i2.296.

Dinata, K. B. (2016). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi Relasi dan Fungsi siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Lampung Utara tahun pelajaran 2015/2016 ditinjau dari kreativitas belajar Matematika. Disertasi: Universitas Sebelas Maret. Tidak dipublikasikan.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28-37.

Elpira, B. (2018). Pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Disertasi: UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tidak dipublikasikan.

Fadila, R., Nadiroh, T., Juliana, R., Zulfa, P., & Ibrahim, I. (2021). Kemandirian belajar secara daring sebagai prediktor hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 880-891. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.457.

Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan literasi informasi dan teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224. http://dx.doi.org/10.31571/ edukasi.v18i2.1863.

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77-87.

Gilster, P., & Watson, T. (1999). Digital literacy. New York: Wiley Computer Pub.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.

Hague, S., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum & Leadership Journal, 9(10), 1-10.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.

Maretina, S. (2016). Digital information fluency pada mahasiswa Universitas Airlangga. Skripsi: Universitas Airlangga. Tidak dipublikasikan.

Nada, E. I., & Sari, W. K. (2020). Analisis literasi digital calon guru Kimia dalam pelaksanaan PPL berbasis virtual di masa pandemi COVID-19. ORBITAL: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 111-121. https://doi.org/10.19109/ ojpk.v4i2.6704.

Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 9(2), 132-138. http://dx.doi.org/10.31571/ saintek.v9i2.2077.

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan ajar berbasis Problem Based Learning pada materi Gerak Lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208-218. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33333.

Perwita, D. (2021). Literasi media digital mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(1), 8-13. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i1. 8515.

Pratiwi, I. A. (2015). Pengembangan model kolaborasi Jigsaw Role Playing sebagai upaya peningkatan kemampuan bekerjasama siswa kelas V SD pada pelajaran IPS. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2), 1-11. https://doi.org/ 10.24176/jkg.v1i2.411.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi COVID-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rahmadani, H. (2020). Profil keterampilan literasi digital: Penelitian survey di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. Instructional Development Journal, 3(2), 96-103. http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i2.11306.

Resti, V. D. A. (2015). Analisis kreativitas mahasiswa dalam penyusunan Peta Konsep berbentuk E-Mind Map berdasarkan kajian neurosains. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 128-134. http://dx.doi.org/10.17977/ um052v6i2p128-134.

Subur, J. (2013). Analisis kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan matematika di kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 113-126. https://doi.org/10.17509/jpp. v13i1.3478.

Sudjana. (1975). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Pranoto, H., & Wibowo, A. (2018). Identifikasi nilai kearifan lokal (local wisdom) Piil Pesenggiri dan perannya dalam pelayanan konseling lintas budaya. Jurnal bimbingan konseling Indonesia, 3(2), 36-42. http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i2.714.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: Apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 003-013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499

Article Metrics

Abstract view : 469 times
DOWNLOAD PDF - 307 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Karsoni Berta Dinata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License