Analisis Kompetensi Siswa dalam Menguasai Pemahaman Mendengarkan
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.404Keywords:
deskriptif, pemahaman mendengarkanAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan kesulitan siswa dalam pemahaman mendengarkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan observasi. Alat yang digunakan dalam pemahaman mendengarkan menggunakan metode tes pilihan ganda, kemudian angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak menguasi pemahaman mendengarkan dengan baik yang dibuktikan dengan data hasil tes mendengarkan. Hasil temuan dari angket menunjukkan bahwa siswa positif mengalami kesulitan dalam pemahaman mendengarkan. Dari hasil yang menunjukkan kecepatan pembicara saat pidato sebagai kesulitan utama yang dihadapi. Hasil interview menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dikarenakan kurangnya kosakata, tidak mampu berkonsentrasi, kecepatan pembicara saat pidato, dan pengucapan yang tidak jelas.
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.