Analisis Kompetensi Siswa dalam Menguasai Pemahaman Mendengarkan

Authors

  • Desi Sri Astuti Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Zulkarnaen Zulkarnaen Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.404

Keywords:

deskriptif, pemahaman mendengarkan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan kesulitan siswa dalam pemahaman mendengarkan. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan observasi. Alat yang digunakan dalam pemahaman mendengarkan menggunakan metode tes pilihan ganda, kemudian angket dan interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa tidak menguasi pemahaman mendengarkan dengan baik yang dibuktikan dengan data hasil tes mendengarkan. Hasil temuan dari angket menunjukkan bahwa siswa positif mengalami kesulitan dalam pemahaman mendengarkan. Dari hasil yang menunjukkan kecepatan pembicara saat pidato sebagai kesulitan utama yang dihadapi. Hasil interview menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dikarenakan kurangnya kosakata, tidak mampu berkonsentrasi, kecepatan pembicara saat pidato, dan pengucapan yang tidak jelas.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Astuti, D. S., & Zulkarnaen, Z. (2017). Analisis Kompetensi Siswa dalam Menguasai Pemahaman Mendengarkan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 27–41. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.404

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)