Meningkatkan Kemampuan Listening Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dengan Menggunakan Metode Task-Based Instructional

Authors

  • Diah Astriyanti Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Yulia Ramadhiyanti Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.405

Keywords:

listening, Task-Based Instructional, Peneltian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada semester 2 tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah Tindakan Kelas yang dilakukan dalam lima (5) siklus. Tiap-tiap siklus dilaksanakan dalam satu pertemuan yang dilaksanakan di dalam laboratorium audio visual Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Jumlah subjek penelitian sebanyak 37 orang mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik pengambilan data yaitu observasi dan pengukuran. Alat-alat pengambilan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan soal-soal listening. Dalam menganalisa data pada data kualitatif dengan cara merangkum data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verifikasi. Pada data kuantitatif dianalisis dengan mengkalkulasikan nilai individu dan nilai rata-rata dari hasil tes listening. Dari hasil analisis data, maka ditemukan peningkatan yang konsisten pada tiap siklus penelitian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Astriyanti, D., & Ramadhiyanti, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Listening Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dengan Menggunakan Metode Task-Based Instructional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 42–53. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.405

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)