Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa

Authors

  • Endah Evy Nurekawati Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Eviliyanto Eviliyanto Pendidikan Geografi, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.406

Keywords:

Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, keaktifan belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada mata kuliah Geografi Desa Kota. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dan  variabel terikat dalam penelitian adalah keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi semester IV kelas A Sore sejumlah 38 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yakni dalam bentuk persentase. Hasil penelitian meunjukkan bahwa penerapan model investigasi kelompok pada mata kuliah Geografi Desa Kota dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa di kelas A Sore Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dari pra tindakan ke siklus I sebesar 20,4%, dan dari siklus I ke siklus II  sebesar 14,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Nurekawati, E. E., & Eviliyanto, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 54–69. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.406

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)