Pemanfaatan Nilai Didaktis dalam Novel Supernova: Partikel Karya Dewi Lestari sebagai Bahan Pembelajaran di SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.408Keywords:
nilai, didaktis, novelAbstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai didaktis dan relevansi nilai didaktis pada novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Bentuk penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai didaktis berupa aspek moral yakni mandiri, pantang menyerah, rasa ingin tahu, kerja keras, dan keberanian. Juga ditemukan aspek sosial yaitu berupa, setia kawan, kasih sayang, dan cinta lingkungan. Nilai didaktis selanjutnya yakni aspek religi, tergambar dari ketaatan beribadah yang dilakukan tokoh Abah dan tokoh Aisyah. Nilai didaktis dalam novel tersebut mengandung perilaku atau perbuatan-perbuatan yang baik dan dapat menjadi panutan manusia dalam bermasyarakat; dan (2) berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA, novel Supernova: Partikel isinya bagus dan sesuai jika digunakan sebagai bahan ajar, karena novel tersebut banyak mengandung nilai didaktis, khususnya nilai pendidikan karakter berupa moral, sosial, dan agama.
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.