Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika

Authors

  • Kristianus Kristianus SD Negeri 2 Sintang, Sintang, Kalimantan Barat
  • Nelly Wedyawati PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang, Kalimantan Barat
  • Anita Sri Rejeki Hutagaol PGSD, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Sintang, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.409

Keywords:

REACT, alat peraga, hasil belajar, kognitif

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang tahun pelajaran 2015/2016 dengan tujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran REACT berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar kognitif Matematika materi Bangun Ruang siswa kelas V. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design. Desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang dengan jumlah 42 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dan teknik studi dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran REACT berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan data pretest dan posttest kelas eksperimen dihitung secara statistik menggunakan t-test, maka diperoleh thitung >  ttabel = 11,596 > 1,998 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran REACT berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar kognitif Matematika materi Bangun Ruang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sintang tahun pelajaran 2015/2016.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Kristianus, K., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 96–104. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.409

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)