Efektivitas Kemampuan Menulis Mahasiswa Menggunakan Numbered Heads Together Dilihat dari Kretivitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.412Keywords:
Number Head Together, menulis, eksperimentalAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, Number Head Together atau model pembelajaran instruksi langsung; dan (2) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas pada kemampuan menulis mahasiswa. Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 3 Prodi Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak tahun akademik 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 60 mahasiswa. Kelas ekperimen adalah kelas B Pagi dan kelas kontrol adalah kelas C Pagi Instrumen penelitian adalah tes menulis. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi populasi metode Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa yang menggunakan Number Head Together (NHT) dibandingkan dengan Instruksi Langsung; dan (2) adanya interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas pada kemampuan menulis mahasiswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.