Memerankan Tokoh dalam Pementasan Drama dengan Metode Role Playing dan Media Film
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.413Keywords:
memerankan tokoh pementasan drama, Role Playing, kualitas pembelajaranAbstract
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMA Negeri 1 Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu. Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran memerankan tokoh dalam pementasan drama dan meningkatkan keterampilan memerankan tokoh dalam pementasan drama dengan metode Role Playing dan media film. Subjek penelitian siswa dan guru kelas XI SMA Negeri 1 Putussibau. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan penugasan. Uji validitas data penelitian menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian penerapan metode Role Playing dan media film dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan memerankan tokoh dalam pementasan drama siswa kelas XI SMA Negeri I Putussibau. Hasil dapat dilihat pada siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat yaitu 5 siswa (15,62%) terjadi kenaikan sebesar 12,49 dengan nilai rata-rata 69,5. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 10 siswa (31,25%) terjadi kenaikan sebesar 15,63% dengan nilai rata-rata 71,37. Pada siklus III pencapaian ketuntasan klasikal sudah mencapai 75% dan kriteria ketuntasan minimal 80 yaitu rata-rata 80,46 (75%).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.