Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5419

Keywords:

media pembelajaran berbasis TIK, metaanalisis, hasil belajar, ICT-based learning media, meta-analysis, learning outcomes

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian merupakan penelitian metaanalisis menggunakan data sekunder. Data yang digunakan berupa hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol pada artikel yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi. Artikel yang digunakan sebanyak 30 artikel. Data yang berhasil dikumpulkan dihitung menggunakan formula effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media belajar berbasis TIK memiliki dampak yang tinggi terhadap capaian hasil belajar pada semua tingkat pendidikan. Oleh karenanya, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK memiliki tingkat efektivitas tinggi dan tepat digunakan untuk semua tingkat satuan pendidikan.

 

Abstract

The research aimed to measure the effectiveness of the use of information and communication technology (ICT)-based learning media on student learning outcomes. The research was meta-analytic research using secondary data. The data used in the form of posttest results of experimental and control classes in articles that use ICT-based learning media, starting from elementary school, junior high school, senior high school, vocational school, and tertiary education levels. Articles used 30 articles. The collected data was calculated using the effect size formula. The results of the research showed that the use of ICT-based learning media has a high impact on learning outcomes at all levels of education. Based on the research results, it was concluded that the use of ICT-based learning media has a high level of effectiveness and is appropriate for all levels of educational units.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia Tools in the Teaching and Learning Processes: A Systematic Review. Heliyon, 6(11), 1-14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.

Al-Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288.

Angreni, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif disertai LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 36-40. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1293.

Apriyani, D. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Proyeksi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 115-123. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1828.

Arpan, M., Budiman, R. D. A., & Jalinus, N. (2018). Usulan Sistem Pengolahan Data Siswa di SMP Harapan Ananda Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(2), 271-280. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i2.1070.

Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04), 1433-1436.

Arpan, M., Sulistiyarini, D., & Santoso, D. (2016). Effect of Motivaton and Creativity on Students’ Psychomotor Ability. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 1(2), 71-75. http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v1i2.42.

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak Positif Penggunaan Google Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 5(1), 154-162. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31629.

Budiman, R. D. A., Arpan, M., & Verawardina, U. (2018). Readiness Assessment Penerapan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Jaringan Komputer Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 118-125. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v7i1.776.

Budiman, R. D. A., Liwayanti, U., & Arpan, M. (2022). Analisis Kebutuhan dan Kesiapan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Akidah. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 31-38. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5087.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. London and New York: Taylor & Francis Group.

Coring, F. B., & Nafiah. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Child Education Journal, 1(1), 8-19. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.863.

Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Melanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196-214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630.

Feladi, V., Arpan, M., & Verawardina, U. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi di SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 32-42. https://doi.org/10.31571/gervasi.v1i1.597.

Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17-22. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091.

Ihsan, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Asahan. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) Tahun 2019. https://doi.org/10.30645/senaris.v1i0.134.

Irmayanti, I., Hamidah, H., & Achmadi, T. A. (2020). Pengaruh Penerapan Video Tutorial CAD Pembuatan Pola Blus terhadap Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 171-178. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v8i2.30111.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866.

Jusmiana, A., Herianto, H., & Awalia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.400.

Lesmana, C., & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, dan Respon Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 8-19. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i1.483.

Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227-237. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1528.

Mali, D., & Lim, H. (2021). How do Students Perceive Face-to-Face/Blended Learning as a Result of the Covid-19 Pandemic? International Journal of Management Education, 19(3), 1-17. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100552.

Mokoginta, S., Waworuntu, J., & Palilingan, V. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Virtual terhadap Hasil Belajar Teknologi Layanan WAN Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3318.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Simbolon, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK dan Sikap Inovasi terhadap Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran Dengan HOTS. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 4(2), 179-187. https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8765.

Ngubaidillah, A., & Kartadie, R. (2018). Pengaruh Media Visual Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Siswa Kelas XI di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 95-102. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.15060.

Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1),105-122. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181.

Nurdalilah & Desniarti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Belajar TIK terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Universitas Muslim Nusantara Tahun 2020.

Panadjo, H., Manongko, J., Munaiseche, R., Sumarauw, H., & Ratag, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(1), 23-28. https://doi.org/10.53682/gj.v2i1.974.

Perdana, C. M., Sari, N. M., & Abdullah, R. (2020). Pengaruh Penggunaan E-Modul Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Kontruksi Jalan dan Jembatan Siswa Kelas XI di SMKN 1 Sumatera Barat. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 1(4), 156-159.

Prisuna, B. F. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Meet terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 137-147. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39160.

Raini, Y. (2020). Pengaruh Media Laboratorium Virtual (Phet) terhadap Kemampuan Praktikum Kimia Siswa SMK Taruna Terpadu Bogor. Jurnal Teknonologi Pendidikan, 5(2), 77-85. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3373.

Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841-3849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1422.

Sai, M. (2017). Pengaruh Model Group Investigation Berbasis Internet terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Digital Literasi Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 39-54. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9869.

Sakti, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP Ittihad Makassar. PHYDAGOGIC Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 1(2), 49-54. https://doi.org/10.31605/phy.v1i2.278.

Satria, H., & Basir, A. (2020). Implementasi Media Interaktif Berbasis Macro Mediaflash pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektromagnetik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik, 5(2), 16-23. http://doi.org/10.25273/jupiter.v5i2.7558.

Sebrina, N., & Putri, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Al-Falah Bekasi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 353-362. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10384.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144-156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772.

Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 166-176. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.642.

Siskaliani, J., & Ramadhana, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dengan menggunakan Media Padlet terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA YP PGRI 3 Makassar. Journal Pendidikan Matematika LPPM STKIP YPUP Makassar, 3(1), 104-112.

Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMP dan SMK Mandiri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 39-46. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i1.811.

Sulistyawati, S., Sarmi, N., & Sunardjo, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya di SMPN 4 Kamal. Journal Kuras Institute, 2(1), 34-41.

Sumoked, S. N., Sangkop, F. I., & Togas, P. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. EduTik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(4), 322-334. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2078.

Wardani, M. A. P., & Harwanto, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 99-106. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.3459.

WEF. (2020). The Global Competitiveness Report Spesial Edition 2020: How Countries are Performing on the Road to Recovery. Switzerland: The World Economic Forum.

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1-13.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11410.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-13

How to Cite

Sugiarto, T., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Purwanto, W., & Saputra, H. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 128–142. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5419

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)