Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Menlanjutkan ke SMK

Authors

  • Ahmad Fathoni Pendidikan Informatika, Universitas Hamzanwadi, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Putu Sudira Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Winna Dharmayanti Pendidikan TIK, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Muhamad Arpan Pendidikan TIK, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630

Keywords:

wawasan kevokasionalan, pemahaman, minat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) wawasan kevokasionalan (pemahaman tentang SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman dunia kerja (X3), layanan bimbingan konseling(X6)), lingkungan belajar (X4), Potensi daerah (X5), dan latar belakang sosial ekonomi orang tua (X7) siswa SMP kelas IX terhadap minat melanjutkan di SMK; (2) pengaruh wawasan kevokasionalan siswa SMP kelas IX  (pemahaman tentang SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman duni kerja (X3), layanan bimbingan konseling(X6)), lingkungan belajar (X4), Potensi daerah (X5), dan latar belakang sosial ekonomi orang tua (X7) siswa SMP kelas IX terhadap minat (Y) melanjutkan di SMK. Penelitian merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif berjenis asosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel X­1, X­2, X­3,X5,X­6cenderung mendekati kategori tinggi dengan nilai persentase secara berurutan 75%, 72,23%, 71,72%, 71,89%, 72,46%, dan variabel X4, X7 cenderung mendekati kategori rendah dengan nilai persentase secara berurutan 62,09%, 56,51%; (2) variabel X­1, X­2, X­3,X4, X­5,X­6, ­X7 ada pengaruh terhadap variabel Y dengan nilai koefisien korelasi secara berurutan 0.504, 0,590, 0,837, 0,178, 0,374, 0,706, 0,178 dan secara bersama-sama X1,X2,X3,X4,X5,X6,X7 terhadap Y ada pengaruh dengan koefisien korelasi sebesar 0,767.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Fathoni, A., Sudira, P., Dharmayanti, W., & Arpan, M. (2017). Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Sosial Ekonomi, dan Potensi Siswa SMP terhadap Minat Menlanjutkan ke SMK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 196–214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.630

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)