Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) pada Mata Pelajaran Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.631Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT)Abstract
Tujuan   umum  penelitian  adalah untuk memperoleh gambaran tentang upaya meningkatkan  hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran  Value Clarification Technique (VCT) di kelas X SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran dan study dokumenter kemudian alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil perhitungan Siklus I dapat diketahui bahwa Hasil belajar siswa kelas Xg SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau pada siklus I masuk dalam kategori tinggi berdasarkan hasil post tes   yang diberikan sebanyak 25 siswa atau 75,15 %, dan 15 orang siswa yang masih belum tuntas. 2) Dari Siklus II dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas Xg SMA Negeri 1 Sekayam Kabupaten Sanggau pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kategori sangat tinggi berdasarkan hasil post tes ysng diberikan ada sebanyak 33 siswa atau 82,35%.
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.