Hubungan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Kemampuan Menulis Pantun
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.633Keywords:
model pembelajaran berbasis masalah, menulis pantun, korelasiAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan modelpembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Adapun masalah dalam penelitian (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) kemampuan menulis pantun siswa, (3) hubungan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi hubungan (interrelationship studies). Populasi berjumlah 62 orang kelas VII A dan B 31 orang. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Penelitian menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, pengukuran, dan studi dokumenter. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase, mean, dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh informasi bahwa: (1) penerapan model pembelajaran berbasisi masalah terdapat 87,06% dengan kategori baik. (2) Kemampuan menulis pantun pada siswa keas VII SMP Negeri 3 Galing Kabupaten Sambas adalah sebesar 69,72% dengan kategori cukup. (3) Hubungan antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan menulis pantun dengan koefisien korelasi sebesar 0,659 yang akan dikonsultasikan dengan tabel interpretasi rxytingkat hubungantergolong kuat.
Â
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.