Respon Mahasiswa mengenai Pelaksanaan Matrikulasi bagi Mahasiswa Baru IKIP PGRI Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.634Keywords:
respon mahasiswa, matrikulasiAbstract
Matrikulasi merupakan satu diantara kegiatan prodi yang memberikan pembekalan awal bagi mahasiswa baru sebelum memasuki perkuliahan. Tujuan dari matrikulasi ini untuk mempersiapkan mahasiswa menerima mata kuliah yang akan ditempuh pada saat perkuliah. Matrikulasi dilaksanakan di awal sebelum memasuki semester ganjil. Tujuan dari artikel ini untuk mengevaluasi serta diharapkan dngan adanya hasil penlitiannya dapat meningkatkan mutu lembaga, khususnya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Respon mahasiswa dianggap dapat menjadi cerminan atas maksimal atau tidaknya kegiatan tersebut. Untuk mewujudkan hal tersebut peneliti menganggap penelitian untuk melihat respon mahasiswa terhadap kegiatan prodi dianggap perlu dilakukan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa 53% mahasiswa setuju dengan diadakannya matrikulasi. 73% menganggap materi matrikulasi telah sesuai dengan kebutuhan. Sebesar 61% mahasiswa memahami atas materi yang telah diberikan saat matrikulasi. Berkenaan dengan suasana kelas, sebsar 53% mahasiswa menganggap suasana kelas menyenakan di saat pelaksanaan matrikulasi.
Â
Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.