Program Bimbingan Pribadi untuk Mengembangkan Potensi Diri

Authors

  • Tri Mega Ralasari S Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Fransiska Ria Lia Tarigas Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.637

Keywords:

program, bimbingan pribadi, potensi diri

Abstract

Program Bimbingan Pribadi ditujukan untuk mengembangkan potensi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak dalam bidang ekstrakurikuler tergolong baik,meliputi aspek kebugaran, kesehatan, keterampilan dasar, keterampilan khusus, terkuasainya prinsip-prinsip gerak, kemampuan berpikir, mengambil keputusan dalam keadaan sulit, keterampilan sosial dalam solidaritas, keterampilan sosial dalam sikap sportivitas, kepercayaan diri, dan citra diri,yang berarti guru pembimbing telah memberikan pemahaman tentang potensi diri positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif-kualitatif dengan bentuk penelitian studi survey. Adapun hasil yang diperoleh adalah berupa langkah-langkah penyusunan program dilakukan berdasarkan rancangan program yang telah disusun yang disesuaikan dengan rumusan kebutuhan berdasarkan assessment, rumusan kebutuhan berdasarkan tujuan bimbingan dan konseling sesuai dengan tujuan dan materi yang diberikan, dan strategi pengembangan program.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Ralasari S, T. M., & Tarigas, F. R. L. (2017). Program Bimbingan Pribadi untuk Mengembangkan Potensi Diri. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 274–283. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.637

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)