PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATA KULIAH TEORI DAN APRESIASI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i2.6645Keywords:
e-modul, teori dan apresiasi sastra, puisi, kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kevalitan dan kepraktisan e-modul berbasis kearifan lokal. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan model pengembangan 4-D. Adapun Instrumen penelitian adalah lembar validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dosen ahli materi tentang aspek kelayakan isi dan keterpaduan dengan nilai 92% berkategori sangat valid. Sedangkan dari dosen ahli desain berdasarkan aspek penyajian dan kegrafisan 87% dengan kategori valid. Selanjutnya, dosen ahli bahasa dengan aspek kebahasaan dengan nilai 93% berkategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian ketiga dosen tersebut, didapatkan rata-rata keseluruhan 90% dengan kategori sangat valid. Untuk uji praktikalitas dosen diperoleh rata-rata 93% berkategori sangat praktis sedangkan mahasiswa diperoleh rata-rata 95% berkategori sangat praktis. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Teori dan Apresiasi Sastra dengan materi puisi dapat dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.
Downloads
References
Alti, W. (2020). Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Alam Minangkabau Kota Padang Sumatera Barat. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(3), 172–179. https://doi.org/10.24036/csjar.v1i3.28
Amalia, A., Baharun, H., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak .
Azkiya, H. (2014). Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 2(1).
Azkiya, H., & Mardiana, M. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa kelas I SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, 7(2), 145-150.
Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409-427.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).
Diana, P. Z. (2021). Pengembangan e-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 153. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1635
Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education. 2 (2) : 220-231.
Gay, L.R., Geoffrey Mills, P. A. (2012). Educational Research: Competences for Analysis and Application. In Pearson Education, Inc (Tenth Edit).
Molenda, M. (2015). In Search of The Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 54(2), 40–43. https://doi.org/10.1002/pfi
Nanda, E. S., & Hayati, Y. (2020). Struktur dan Nilai Sosial dalam Dongeng Cinderella dan Cerita Putri Arabella: Kajian Sastra Bandingan. Lingua Susastra, 1(1), 10-19.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematikasi SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Perdana, P. I., & Pratama, G. A. P. A. (2022). Ekplorasi Kearifan Lokal Kabupataten Jombang yang Diintegrasikan Pada Muatan IPA Sekolah Dasar [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/5fzja
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Santoso, A. dkk. 2014. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050
Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android. Jurnal Pendidikan matematika, 02 (02), 1-10.
Yuza, A., Azkiya, H., Madona, A. S., Yulisna, R., & Susanti, D. (2022). Peran Nilai Kearifan Lokal Pada Pendidikan 5.0 Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 615-621.
Zulkhi, M. D., & Astari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pagelip Profesional Sekolah Dasar, 4(3), 866-873.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hidayati Azkiya, Syofiani, Arlina Yuza, Verly Welianto P
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.