PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATA KULIAH TEORI DAN APRESIASI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta
  • Syofiani Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta
  • Verly Welianto P Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i2.6645

Keywords:

e-modul, teori dan apresiasi sastra, puisi, kearifan lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kevalitan dan kepraktisan e-modul berbasis kearifan lokal. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan model pengembangan 4-D. Adapun Instrumen penelitian adalah lembar validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dosen ahli materi tentang aspek kelayakan isi dan keterpaduan dengan nilai 92% berkategori sangat valid. Sedangkan dari dosen ahli desain berdasarkan aspek penyajian dan kegrafisan 87% dengan kategori valid. Selanjutnya, dosen ahli bahasa dengan aspek kebahasaan dengan nilai 93% berkategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian ketiga dosen tersebut, didapatkan rata-rata keseluruhan 90% dengan kategori sangat valid. Untuk uji praktikalitas dosen diperoleh rata-rata 93% berkategori sangat praktis sedangkan mahasiswa diperoleh rata-rata 95% berkategori sangat praktis. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Teori dan Apresiasi Sastra dengan materi puisi dapat dikategorikan sangat valid dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alti, W. (2020). Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai Kearifan Lokal di Sekolah Alam Minangkabau Kota Padang Sumatera Barat. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(3), 172–179. https://doi.org/10.24036/csjar.v1i3.28

Amalia, A., Baharun, H., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak .

Azkiya, H. (2014). Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 2(1).

Azkiya, H., & Mardiana, M. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa kelas I SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, 7(2), 145-150.

Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409-427.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Diana, P. Z. (2021). Pengembangan e-Modul Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 153. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1635

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education. 2 (2) : 220-231.

Gay, L.R., Geoffrey Mills, P. A. (2012). Educational Research: Competences for Analysis and Application. In Pearson Education, Inc (Tenth Edit).

Molenda, M. (2015). In Search of The Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 54(2), 40–43. https://doi.org/10.1002/pfi

Nanda, E. S., & Hayati, Y. (2020). Struktur dan Nilai Sosial dalam Dongeng Cinderella dan Cerita Putri Arabella: Kajian Sastra Bandingan. Lingua Susastra, 1(1), 10-19.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematikasi SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873

Perdana, P. I., & Pratama, G. A. P. A. (2022). Ekplorasi Kearifan Lokal Kabupataten Jombang yang Diintegrasikan Pada Muatan IPA Sekolah Dasar [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/5fzja

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Santoso, A. dkk. 2014. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

Wahyudi, D. (2019). Pengembangan E-modul dalam Pembelajaran Matematika SMA Berbasis Android. Jurnal Pendidikan matematika, 02 (02), 1-10.

Yuza, A., Azkiya, H., Madona, A. S., Yulisna, R., & Susanti, D. (2022). Peran Nilai Kearifan Lokal Pada Pendidikan 5.0 Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 615-621.

Zulkhi, M. D., & Astari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pagelip Profesional Sekolah Dasar, 4(3), 866-873.

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Azkiya, H., Syofiani, Yuza, A., & Welianto P, V. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATA KULIAH TEORI DAN APRESIASI SASTRA DI PERGURUAN TINGGI. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(2), 377–391. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i2.6645

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)