PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH DI NANGA SAYAN-MELAWI

Rindah Permatasari, Yumi Sarassanti, Aprima Tirsa

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk a. Meningkatkan kemauan guru dalam menulis artikel ilmiah yang meliputi kemampuan: Mengidentifikasi, memilih dan merumuskan judul, menyusun kerangka tulisan (outline), Mengumpulkan bahan-bahan tulisan, mengorganisasikan, dan mengonsep tulisan, Menulis ilmiah dan menyunting. b. Meningkatkan kemampuan penelusuran referensi di berbagai sumber. Kegiatan di SMK N 1 Nanga Sayan Kabupaten Melawi ini dilaksanakan dengan beberapa metode pelatihan, yaitu: 1. Metode Ceramah 2. Metode Tanya Jawab 3. Metode Latihan atau Praktek. Secara umum kesimpulan yang dapat ditarik dari PKM tersebut ialah adanya peningkatan pengetahuan guru mengenai teknik penulisan artikel ilmiah yang meliputi kemampuan mengidentifikasi, memilih dan merumuskan topik dan judul, Menyusun kerangka tulisan (outline), Mengumpulkan bahan-bahan tulisan, mengorganisasikan, dan mengonsep tulisan, Menulis ilmiah dan menyunting serta meningkatnya kemampuan guru dalam melakukan penelusuran referensi di berbagai sumber.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2001 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta.DEPDIKNAS

Departemen pendidikan nasional. 2005. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, jakarta: Depdiknas.

Kementrian PANRB. 2009. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. PERMENDIKNAS No.35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Maryadi. 2002. Pengertian Karya Ilmiah dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta:UMS Press

Tatang, M, Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru se- Indonesia. Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.