MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMAN 1 SIANTAN

Authors

  • Yumi Sarassanti IAIN Pontianak
  • Andina Nurul Wahidah IAIN Pontianak
  • Desty Septianawati IAIN Pontianak

Keywords:

pelatihan, penelitian tindakan kelas, pengembangan profesionalisme, guru matematika SMA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan dan implementasinya tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelatihan diikuti 54 guru matematika, Kegiatan pelatihan meliputi ceramah, diskusi, penyusunan proposal dan pendampingan pelaksanaan PTK. Materi pelatihan meliputi: (1) Permasalahan Pembelajaran, (2) Penggalian Masalah Penelitian, (3) Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan, (4) Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Penyusunan artikel hasil penelitian. Kegiatan pelatihan secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik. Guru-guru jadi lebih termotivasi dalam melakukan PTK karena lebih memahami terkait model dan implementasi PTK. Tanggapan guru terhadap pelaksanaan pelatihan: (1) Penguasaan materi narasumber 3.92; (2) Waktu pelaksanaan 3,78; (3) Cara penyampaian 3,85; dan (4) Kesesuaian tema dan materi 3,90 dengan rerata 3,86 dari skala penilaian 1-4 dalam kategori kinerja sangat baik. Ditinjau dari kemanfaatan pelatihan mendapat tanggapan guru: (1) Penambahan wawasan guru tentang PTK 3,89; (2) Kejelasan tentang permasalahan pembelajaran, 3,83; (3) Wawasan cara menggali masalah penelitian 3,78; (4) kejelasan penyusunan proposal PTK 3.76; (5) Kejelasan penyusunan laporan PTK 3,65; dan (6) kejelasan penyusunan artikel hasil penelitian 3.50; . Rerata hasil penilaian 3,73 pada skala penilaian 1-4 dalam kategori pemberian manfaat yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mudhofir, A. (2012). Pendidik profesional: konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. and Laksamana, H. U. (2001). Menyusun Karya Tulis Ilmiah untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-01-13