UPAYA GURU PENDIDIKAN SEJARAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT

Authors

  • Bohari Bohari Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya Guru Pendidikan Sejarah Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?â€.  Metode Penelitian deskriptif. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas pendekatan kualitatif dan data berupa angka dihitung menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,  angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, secara umum dapat disimpulkan bahwa melalui metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. yaitu sebesar 9,44 dari rata-rata nilai siswa ditunjukkan dengan data pada siklus I dari nilai rata-rata siswa sebesar 71,87 sedangkan siklus II dari nilai rata-rata siswa sebesar 81,31.

 

Kata Kunci: Pendidikan Sejarah , Hasil Belajar, Metode Cooperative Script.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Bohari, B. (2016) “UPAYA GURU PENDIDIKAN SEJARAH MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 131–145. doi: 10.31571/sosial.v2i2.100.