UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAMBAS

Authors

  • Bohari Bohari IKIP PGRI Pontianak
  • Putri Relia Anggraini

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1555

Keywords:

hasil belajar siswa, Model Pembelajaran Artikulasi, IPS,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilaksanakan pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sambas. Dan berdasarkan hasil analisisa data temuan-temuan yang diperoleh saat penelitian tindakan dilaksanakan, maka hasil penelitiannya adalah: 1) Pelaksanaan model pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas telah terlaksana dengan baik dan efektif. 2) Persentase hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran artikulasi dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Sambas 32,36% dinilai gagal. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran artikulasi yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa adalah 53,38% dalam kategori kurang, pada siklus II adalah 82,36% berada dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suhardjono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: Buana Pustaka.

Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-01-07

How to Cite

Bohari, B. and Anggraini, P. R. (2020) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAMBAS”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), pp. 204–216. doi: 10.31571/sosial.v6i2.1555.