PENGARUH PENGGUNAAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Emusti Rivasintha Marjito Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v2i2.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum penggunaan power point sebagai media belajar pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak; (2) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah penggunaan power point sebagai media belajar pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak; (3) Pengaruh yang signifikan antara penggunaan power point sebagai media belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk penelitian Quasy-Experimental Design, dengan rancangan eksperimen Posttest-Only Control Design dengan dua perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak.. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul datanya berupa dokumentasi dan teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang menggunakan rumus rataan (mean) dan menggunakan rumus t-test  bentuk polled varian. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum penggunaan power point sebagai media belajar  pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 74,58 < 75; (2) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah penggunaan power point sebagai media belajar  pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 81,94 > 75; (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan penggunaan power point sebagai media belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak. Hal ini terbukti dimana thitung > ttabel yaitu 4,225 > 1,669.

 

Kata Kunci: Power point, Kemampuan berfikir kritis, Sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-11

How to Cite

Marjito, E. R. (2016) “PENGARUH PENGGUNAAN POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH SEJARAH KEMERDEKAAN INDONESIA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), pp. 146–157. doi: 10.31571/sosial.v2i2.101.