Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2017/2018

Emusti Rivasintha Marjito, Nurhalipah Nurhalipah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Bagaimanakah pembelajaran IPS di kelas VIII MTs Mujahidin Pontianak 2). Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII MTs Mujahidin Pontianak 3). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII MTs Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa itu ada dua yaitu faktor internal dan eksternal ditandai dengan pendapat guru mata pelajaran IPS faktor internal itu merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa karena dengan adanya bakat maka sikap yang ditunjukkan siswa terhadap belajar akan muncul dengan sendirinya, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari guru, media, metode dan waktu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.855

Refbacks



Copyright (c) 2018 Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial



SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302