IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI KOTA SINGKAWANG

Emusti Rivasintha Marjito, Karel Juniardi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan studi dokumenter. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Singkawang sudah baik karena guru sebagian besar sudah mengetahui dan memahami Permendikbud tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 SMP/MTs, dan memahami Permendikbud tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, serta memahami dengan baik Permendikbud tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pelaksanaan pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri Kota Singkawang sudah baik karena mayoritas guru IPS sudah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa, serta telah melakukan tindak lanjut proses pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Ilmiah.

Keywords


Kurikulum 2013; pembelajaran IPS Terpadu; SMP Negeri di Singkawang;

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. (2010) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amin, H.. (2011) Pendidikan Karakter Anak Bangsa, Jakarta: Baduose Media.

Arends, R I. (2000) Learning To Teach, New York: McGraw Hill Companies.

Arikunto. S. (2004) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Baeley, D.K (1982), Methods of Social Research, New York:A Devision of Mac Millan Publishing Co. Inc.

Colin, R. (2000) Cara Belajar Abad 21, Jakarta: Nuansa Cendikiawan.

Darmadi, H. (2011) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Daryanto (2009) Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Jakarta: Publisher.

Hamalik, O. (1990). Pengembangan Kurikulum: Dasar-dasar dan Perkembangannya. Bandung: Mandar Maju.

Hasan, S.H. (1988). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK.

Kaber, A. (1988). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: P2LPTK.

Khan, D. Yahya. (2010) Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta Publishing.

Nasution, S. (2005). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Rianto, Y. ( 2001 ), Metodelogi penelitian pendidikan, Surabaya: SIC.

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Surjadi, A. (2012) Membuat Siswa Aktif Belajar, Bandung: Mandar Maju.

Syadih, S. Nana. (1997). Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302