PROGRAM BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP KOPERASI PONTIANAK

Novi Andriati, Novi Wahyu Hidayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data faktual mengenai program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa SMP Koperasi Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu prosedur yang memaparkan keadaan objek yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan gambaran umum interaksi sosial siswa SMP Koperasi diperoleh persentase sebesar 57,11% tergolong sedang. Hal ini dapat dinterpretasikan melalui 4 aspek interaksi sosial yaitu interaksi sosial terhadap komunikasi, interaksi sosial terhadap sikap, interaksi sosial terhadap tingkah laku kelompok dan interaksi sosial terhadap norma sosial. Rancangan program bimbingan pribadi tentang interaksi sosial siswa disusun berdasarkan asesmen kebutuhan tentang interaksi sosial yang disusun berdasarkan program bimbingan dan konseling komprehensif yang terdiri dari layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, serta dukungan sistem.

Keywords


program bimbingan pribadi; interaksi sosial; SMP Koperasi Pontianak;

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. 2017. Jurnal Konseling Islami (Volume 8, Nomor 1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Atifah, H. 2015. Jurnal Hisbah (Volume 12, Nomor 12). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Caraka, P. B. 2015. Jurnal Fokus Konseling (Volume 1, Nomor 2). Lampung: STKIP Muhammadiyah Pringsewu.

Dewa, K. S. 2008. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Araska.

Hadari, N.2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Jhon, W. 2009.Psikologi Perkembangan.Jakarta : PT Ramaja Rosdakarya.

Luky, K. 2015. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling (Volume 1, Nomor 1). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Melchioriyusni, Zikra & Azrul, S. 2013. Jurnal Konseling dan Pendidikan (Volume 1, Nomor 2).Padang: Universitas Negeri Padang.

Muhibbin, S. 2015. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prayitno& Amti. 2010. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Stephen & Michael.2002. Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Semarang : Unnes Press.

Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, Y. 2009.Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Yulia, A. 2016.Jurnal Kependidikan(Volume 35, Nomor 2). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i1.1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IKIP PGRI Pontianak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302