PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMANTAPAN KARIER PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Novi Andriati IKIP PGRI Pontianak
  • Riki Maulana IKIP PGRI Pontianak
  • Galuh Hartinah IKIP PGRI Pontianak
  • Ema Sukmawati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.2098

Keywords:

model layanan informasi, media visual, pemantapan karier,

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan model layanan informasi berbantu media visual untuk meningkatkan pemantapan karier pada siswa SMA, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian: 1) Gambaran pelaksanaan layanan informasi karier di sekolah tempat penelitian sudah dilaksanakan secara umumnya melewati tahapan pendahuluan, kegiatan dan pengakhiran, namun belum pernah menggunakan media tertentu seperti berbantuan media visual yang merupakan media yang dapat mempermudah penyampaian informasi kepada siswa, 2) Desain model yang dikembangkan adalah layanan informasi karier berbantuan media visual terdiri atas enam komponen, yaitu: (a) rasional, (b) tujuan layanan informasi karier, (c) asumsi, (d) target dan isi layanan informasi (e) komponen penunjang layanan informasi karier, dan (f) Langkah pelaksanaan layanan informasi karier berbantu media visual, 3) Model layanan informasi berbantu media visual dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemantapan karier siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gladding. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh. (Alih bahasa P.M. Winarno dan Lilian Yuwono). Jakarta: PT Indeks.

Fransiska, P. 2018. "Penerapan Layanan Informasi Karier untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pengambilan Keputusan Karier". Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(3), 160-170.

Richma, H. 2015. "Layanan Informasi Karier Membantu Peserta Didik dalam Meningkatkan Pemahaman Karier". Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 60-71.

Putu, A & Sumaryono. 2018. "Kesuksesan Karier dan ditinjau dari Persepsi Pengembangan Karier dan Komitmen Karier pada Pekerja Milenial". Journal Of Psychology. 4(1), 57-75.

Suherman, U. 2011. Aplikasi Konsep Bimbingan dan Konseling. Bandung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia.

Trisma, S. 2013. "Layanan Informasi Karier dengan Menggunakan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemantapan Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya". Jurnal BK Unesa. 3(1), 55-63.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Andriati, N. (2020) “PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN INFORMASI BERBANTU MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMANTAPAN KARIER PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN KUBU RAYA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), pp. 104–120. doi: 10.31571/sosial.v7i1.2098.

Most read articles by the same author(s)