PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING BIMBINGAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL

Authors

  • Amelia Atika IKIP PGRI Pontianak
  • Novi Andriati IKIP PGRI Pontianak
  • Martin Martin IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.3255

Keywords:

cooperatif learning, bimbingan kelompok teman sebaya, pendekatan behavioral,

Abstract

Cooperatif learning bimbingan kelompok teman sebaya adalah salah satu teknik dalam pembelajaran dengan menggunakan layanan bimbingan konseling untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa yang tergolong berkebutuhan khusus dilakukan oleh dosen dalam melaksanakan perkuliahan melalui kegiatan kelompok teman sebaya yang dapat berguna untuk mencegah berkembangnya masalah-masalah yang dihadapi.Tujuankegiatan ini ialah: 1) menghasilkan model pembelajaran inovatif untuk mahasiswa berkebutuhan khusus, 2) mengimplementasikan model pembelajaran inovatif yang sudah dikembangkan dalam pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi survei, dengan teknik penelitian observasi langsung dan komunikasi langsung, alat penelitian yang digunakan pedoman observasi dan panduan wawancara.Subjek penelitian ialah mahasiswa semester program studi bimbingan dan konseling (BK) semester V yang berjumlah 17 mahasiswa.Hasil penelitian adanya peningkatan terhadap konsep diri, sosial, belajar dan karier.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D.K, 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Karya Tulis Ilmiah, 2005.Pengaruh Stres Akibat Cemas Ujian Semester Terhadap Jumlah Leukosit Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip Angkatan 2001 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. (di unduh 6 Desember 2013).

Uli Gusniati, (2002). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tuntutan Dan Harapan Sekolah Sekolah Dengan Derajat Stres Siswa Sekolah Plus. Psikologi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 13 (7), 53-68.

Wibowo M. E,(2010). Konseling Perkembangan Paradigma Baru dan Relevansinya di Indonesia. Semarang: UNNES PRESS.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Atika, A., Andriati, N. and Martin, M. (2021) “PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING BIMBINGAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 115–126. doi: 10.31571/sosial.v8i1.3255.

Most read articles by the same author(s)