PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Sahid Hidayat IKIP PGRI Pontianak
  • Agus Dediansyah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1553

Keywords:

cooperative learning, kreativitas belajar mahasiswa, IKIP PGRI Pontianak,

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh model cooperative learning terhadap kreativitas belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah di Institut Keguruan dan Iilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dan uji–t One sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diterapkan model cooperative learning. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai Sig. (2-tailed) lebih rendah dari nilai signifikasi (0,000 < 0,05) dan nilai signifikansi sebesar 0,05, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan. 1996. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Buku 1 dan 2. Bandung: Jurusan Sejarah FPIPS IKIP Bandung.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Isjoni. 2007. Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nawawi, H. 2007. Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Priyatno, Duwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Salahudin, Anas. dan Alkrienciehie, I. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Satiadarma, Monty, P. & Waruwu, Fidelis, E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainuddin. 2008. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-01-07

How to Cite

Hidayat, S. and Dediansyah, A. (2020) “PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), pp. 179–192. doi: 10.31571/sosial.v6i2.1553.