HUBUNGAN ANTARA SIKAP NASIONALISME DENGAN KESADARAN SEJARAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK)

Authors

  • Agus Dediansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Sahid Hidayat IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2263

Keywords:

sikap nasionalisme, kesadaran sejarah,

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, Hubungan Sikap Nasionalisme dengan Kesadaran Sejarah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Program Studi Pendidikan Sejarah semester V. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi hubungan. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) Rata-rata/mean sikap nasionalisme pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak adalah 65,93 atau dalam kategori Baik. (2) Rata-rata/mean kesadaran sejarah pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak adalah 62,21 atau dalam kategori Baik. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap nasionalisme dan kesadaran sejarah pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,941>0,3673) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), koofisien regresi adalah 0,794 dengan konstanta 9,870 Jadi dapt disimpulkan korelasi antara sikap nasionalisme dan kesadaran sejarah teruji kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejajarah. Yogyakarta: Ombak.

Arief M Rudianto. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azyumardi Azra. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan (civic education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Jakarta:Prenada Kencana

Baharudin dan Eza Nur. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-. Ruzz Media.

Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulm 2013. Jakarta: Prestasi. Pustaka Raya.

Soewarsono Dkk. (2011). Membaca Nasionalisme – Nasionalisme Indonesia. Jakarta: PT Gading Inti Prima.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. (2002). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Ditjen Dikti.

Widja.(2002). Sejarah Lokal Perspektif dalam Pengajaran sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Dediansyah, A. and Hidayat, S. (2021) “HUBUNGAN ANTARA SIKAP NASIONALISME DENGAN KESADARAN SEJARAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK)”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), pp. 40–52. doi: 10.31571/sosial.v8i1.2263.