HUBUNGAN ANTARA SIKAP NASIONALISME DENGAN KESADARAN SEJARAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK)

Agus Dediansyah, Sahid Hidayat

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, Hubungan Sikap Nasionalisme dengan Kesadaran Sejarah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Program Studi Pendidikan Sejarah semester V. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan studi hubungan. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu: (1) Rata-rata/mean sikap nasionalisme pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak adalah 65,93 atau dalam kategori Baik. (2) Rata-rata/mean kesadaran sejarah pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak adalah 62,21 atau dalam kategori Baik. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap nasionalisme dan kesadaran sejarah pada mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,941>0,3673) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05), koofisien regresi adalah 0,794 dengan konstanta 9,870 Jadi dapt disimpulkan korelasi antara sikap nasionalisme dan kesadaran sejarah teruji kebenarannya.

Keywords


sikap nasionalisme; kesadaran sejarah;

Full Text:

PDF

References


Aman (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejajarah. Yogyakarta: Ombak.

Arief M Rudianto. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azyumardi Azra. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan (civic education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Mayarakat Madani. Jakarta:Prenada Kencana

Baharudin dan Eza Nur. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-. Ruzz Media.

Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyoto. (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulm 2013. Jakarta: Prestasi. Pustaka Raya.

Soewarsono Dkk. (2011). Membaca Nasionalisme – Nasionalisme Indonesia. Jakarta: PT Gading Inti Prima.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. (2002). Kecenderungan dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Ditjen Dikti.

Widja.(2002). Sejarah Lokal Perspektif dalam Pengajaran sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v8i1.2263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 agus dediansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302