SEBARAN ALUMNI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Sahid Hidayat Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116
  • Yulita Dewi Purmintasari Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116
  • Superman Superman Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116
  • Agus Dediansyah Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera Nomor 88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v4i2.654

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Daya serap alumni Program Studi Pendidikan Sejarah; (2) Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan; dan (3) Relevansi kurikulum dengan kebutuhan alumni di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survey. Populasi penelitian adalah seluruh alumni Program Studi Pendidikan Sejarah yang berjumlah 850 mahasiswa dengan jumlah sampel 263 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak sangat berpotensi untuk bekerja di bidang pendidikan menjadi guru Sejarah di SMA maupun guru IPS di SMP sebesar 71%, yang bekerja diluar bidang pendidikan, seperti pegawai bank, wartawan, wiraswasta sebesar 23%, sedangkan yang tidak bekerja sebesar 6%; (2) Sebanyak 63% alumni langsung mendapatkan perkerjaan, 31% tidak langsung berkerja, dan 6% tidak bekerja; dan (3) Sebagian besar alumni mengatakan bahwa mata kuliah yang ditempuh saat perkuliahan cukup relevan dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja dengan persentase 50%, yang menyatakan relevan sebanyak 42%, kurang relevan 5%, dan tidak relevan 3%.

 

Kata Kunci: sebaran, alumni, Pendidikan Sejarah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-28

How to Cite

Hidayat, S. (2017) “SEBARAN ALUMNI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), pp. 155–166. doi: 10.31571/sosial.v4i2.654.

Most read articles by the same author(s)